5 Tips Memilih Durian Matang dan Manis, Awas Jangan Asal!

Kamis, 04 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
5 Tips Memilih Durian Matang dan Manis, Awas Jangan Asal!
Sebaiknya para pecinta durian tidak asal memilih durian untuk dikonsumsi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buah durian sedang memasuki musim panen sehingga mudah dijumpai di berbagai tempat. Bahkan banyak penjual durian yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan.

Meski begitu, sebaiknya para pecinta durian tidak asal memilih durian untuk dikonsumsi. Sebab, jika asal pilih, Anda bisa kecewa ketika mendapatkan durian yang belum matang ataupun hambar rasanya.

Berikut beberapa tips memilih buah durian yang matang dan manis, seperti dikutip dari akun @putriayusholekhah, Kamis (4/1/2024).


1. Pilih yang Bentuknya Bulat

Jika Anda perhatikan, ketika berada di penjual durian, pasti ada beberapa bentuk durian. Sebaiknya Anda memilih bentuk durian yang bulat, sebab durian yang bulat isinya lebih banyak dibandingkan yang berbentuk lonjong.

2. Lebih Ringan Lebih Banyak Isinya

Setelah memilih beberapa buah yang bentuknya bulat, coba angkat dan bandingkan, buah mana yang lebih ringan. Pilih buah durian yang lebih ringan karena itu pertanda buah durian tersebut sudah matang dan banyak isinya. Jika Anda pilih yang berat, biasanya lebih besar biji daripada dagingnya.

3. Tangkai Tebal dan Pendek

Tak hanya bentuk, tangkai buah durian juga perlu diperhatikan. Bila Anda menemukan durian dengan tangkai yang tebal dan pendek, ini menjadi pertanda kalau daging buahnya tebal dan banyak. Sebaliknya, hindari tangkai durian yang kering dan kusut, karena itu tandanya durian tersebut sudah lama dan kurang fresh.


4. Pilih yang Durinya Pendek, Besar, dan Jarang-Jarang

Jangan sampai Anda hanya tergoda dengan durian berbentuk lonjong yang kesannya sangat besar tapi tidak memperhatikan duri-durinya. Duri buah durian memiliki arti lho. Ambillah durian yang durinya pendek, besar-besar, dan jarang-jarang. Itu adalah pertanda kalau durian tersebut isinya manis dan bagus.

5. Berbunyi Jika Digoyangkan

Anda juga bisa menggoyang-goyangkan buah durian sebelum membelinya. Apabila terdapat bunyi ketika digoyangkan, itu tandanya durian tersebut sudah matang sempurna dan padat dagingnya. Selain itu durian yang berbunyi jika digoyangkan juga memiliki tekstur daging yang kering tapi tetap legit saat dinikmati.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)