5 Alasan Menambahkan Biji Wijen pada Makanan di Musim Hujan, Salah Satunya Menghangatkan Tubuh

Jum'at, 05 Januari 2024 - 04:59 WIB
loading...
5 Alasan Menambahkan Biji Wijen pada Makanan di Musim Hujan, Salah Satunya Menghangatkan Tubuh
Biji wijen menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA – Mungkin Anda tidak tahu jika menambahkan biji wijen pada makanan di musim hujan seperti sekarang ini menjadi pilihan tepat untuk kesehatan.

Ya, biji wijen sering kali diabaikan. Padahal, biji wijen kaya nutrisi. Ada beberapa manfaat kesehatan dari biji yang satu ini.



Dilansir Health Shots pada Kamis (4/1/2024), ahli gizi Avni Kaul menjelaskan manfaat mengkonsumsi biji wijen di musim hujan.

Manfaat Biji Wijen

1. Memperkuat kekebalan tubuh

Biji wijen memiliki kandangan penting, seperti seng, zat besi, dan vitamin E, biji kecil ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit musim dingin. Sistem kekebalan yang kuat membantu tubuh melindungi terhadap penyakit musim dingin yang tidak dapat dihindari.

2. Memberikan kehangatan dan penambah energi

Biji wijen memiliki kehangatan yang melekat di dalamnya, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk makanan musim dingin Anda. Mereka menjaga tubuh tetap hangat dan memberikan kenyamanan dalam cuaca dingin ini.

“Kaya akan lemak sehat, biji wijen merupakan gudang bahan-bahan yang memberikan kehangatan yang sangat dibutuhkan, membantu mencegah efek cuaca dingin. Lemak ini meningkatkan kesehatan otak dan membantu menjaga keseimbangan membran sel Anda,” kata Kaul.

Selain itu, mengonsumsi segenggam biji-bijian ini memberikan dorongan energi langsung, memberi Anda kekuatan untuk melawan kelesuan.

3. Mengandung kalsium

Biji wijen memiliki kandungan kalsium tinggi yang menunjang kesehatan tulang. Ini penting ketika paparan sinar matahari terbatas. Selain itu, mereka memiliki nutrisi penting lainnya seperti magnesium dan zat besi yang juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

“Kehadiran antioksidan dan asam lemak omega-6 dalam biji wijen berkontribusi terhadap vitalitas kulit, melawan kekeringan yang sering diperburuk oleh kondisi musim dingin,” kata sang ahli.


5. Membantu menjaga berat badan tetap terkendali

Mengonsumsi segenggam biji wijen saja sudah membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama, membantu mengekang godaan untuk makan camilan musim dingin yang tidak sehat. Selain itu, biji wijen meningkatkan kesehatan pencernaan yang sangat penting di musim dingin ketika tubuh kita cenderung berfungsi lambat.

Memasukkan benih-benih sehat ini ke dalam menu makanan musim dingin tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga memastikan tambahan nutrisi, menjadikannya cara sederhana namun efektif untuk tetap ternutrisi dan tangguh selama musim dingin.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)