Waspadai Kurang Tidur di Usia 30-an, Bisa Pengaruhi Daya Ingat

Kamis, 04 Januari 2024 - 22:06 WIB
loading...
A A A
Mereka yang memiliki tingkat fragmentasi tidur tertinggi pada usia 30-an dan 40-an cenderung mendapat skor tes kognitif yang lebih rendah 10 tahun kemudian. Skor rendah ini terutama terlihat ketika mengukur fungsi eksekutif, memori, dan kecepatan pemrosesan.

“Hal ini mengkonfirmasi penelitian sebelumnya terhadap orang dewasa yang lebih tua yang menunjukkan adanya hubungan kuat antara gangguan tidur dan fungsi eksekutif, yang mungkin disebabkan oleh pengaruh tidur pada area korteks prefrontal, tempat fungsi eksekutif, dibandingkan memori verbal,” kata Leng.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sekira 30 persen kasus Alzheimer dapat dicegah atau ditunda dengan melakukan perubahan gaya hidup sebelum timbulnya gejala klinis.



“Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang menggarisbawahi perlunya mengevaluasi faktor risiko yang dapat dimodifikasi terkait dengan penuaan kognitif,” kata Kristine Yaffe, penulis senior makalah tersebut, dalam sebuah pernyataan.

“Penelitian di masa depan diperlukan untuk mempelajari hubungan antara gangguan tidur dan kognisi pada berbagai tahap kehidupan dan untuk mengidentifikasi apakah ada periode kehidupan kritis ketika tidur lebih terkait erat dengan kognisi. Hal ini mungkin membuka peluang baru untuk pencegahan gangguan tidur. Alzheimer di usia lanjut," ucapnya lagi.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)