Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina Bikin Buku Dongeng Anak-Anak

Selasa, 27 Maret 2018 - 22:30 WIB
Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina Bikin Buku Dongeng Anak-Anak
Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina Bikin Buku Dongeng Anak-Anak
A A A
JAKARTA - Membaca merupakan jendela dunia. Sayangnya, saat ini, kehadiran gadget telah menggantikan buku. Bahkan, banyak orangtua lebih mengandalkan gadget dibandingkan buku. Terkait hal ini, Miss Indonesia 2018, Alya Nurshabrina menaruh keprihatinan.

Sebagai solusi akan kondisi tersebut, Alya membuat buku dongeng dengan cerita yang menarik dan mengedukasi. Sebanyak dua buku telah dihadirkan dengan mengangkat cerita rakyat asal Jawa Barat yaitu, Kabayan dengan judul Kabayan dan Kodok Majalaya serta Kabayan dan Raja Air Cigending.

"Berdasarkan data Kemendikbud, literasi Indonesia meningkat. Sudah pada bisa membaca semua tapi masalahnya minat bacanya kurang. Dengan adanya anak muda yang membuat buku itu bisa membangun ketertarikan minat baca anak-anak. Ini nggak cuma tugas guru dan orangtua tapi kita semua," tutur Alya kepada Sindonews di RPTRA Sungai Bambu, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Dari saya pribadi udah pernah berkesempatan buat buku dongeng bersama tim dari Bandung. Ada Kabayan dan Raja Air Cigending dan Kabayan dan Kodok Majalaya ceritanya tentang banjir. Intinya bikin buku cerita anak dengan budaya Sunda tapi lebih kepada bagaimana anak-anak nggak tau dongengnya aja tapi juga terinspirasi kalau ada masalah ini bisa melakukan a b c d. Cerita bersahabat dan mudah dicerna. Menanamkan do something," tambahnya.

Dara asal kota Bandung ini menjelaskan pemilihan tokoh Kabayan bukanlah tanpa alasan. Kabayan dipilih untuk merefleksikan identitas setiap masyarakat Indonesia yang beragam dan sebagai bentuk pelarajan anak-anak. Selain itu, Kabayan juga dipilih karena sesuai dengan asalnya Alya yaitu Jawa Barat.

"Justru itu lebih kepada merefleksikan identitas masing-masing. Identitas kita itu darimana, kita mau belajar dan kita refleksikan kembali. Jadi kita lebih melakukan solusi kecil dari sekitar kita dan nggak perlu risetnya jauh-jauh tapi dari sekitar kita aja. Kebetulan Jawa Barat populernya Kabayan," papar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5512 seconds (0.1#10.140)