Penyakit Apa Saja yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Kelor? Simak Penjelasannya

Senin, 08 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Penyakit Apa Saja yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Kelor? Simak Penjelasannya
Daun kelor dipercaya mampu membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Daun kelor dipercaya mampu membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Salah satunya adalah anemia.

Daun kelor tentu sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Tanaman herbal ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut laman Kemenkes, daun kelor kaya akan antioksidan, vitamin B6, vitamin A, vitamin C hingga zat besi. Kemudian, daun ini juga memiliki kandungan senyawa bermanfaat seperti fenolik dan flavonoid.



Bersama banyaknya kandungan zat bermanfaat, daun kelor dipercaya bisa membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Apa saja?

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Kelor

1. Anemia

Penyakit anemia biasanya terjadi akibat kekurangan zat besi. Kondisi ini mengakibatkan kadar hemoglobin dan tingkat sirkulasi oksigen menjadi rendah.

Mengutip eMediHealth, Senin (8/1/2024), daun kelor bisa menjadi solusi pengidap anemia karena kandungan tinggi dari zat besi. Pada salah satu penelitian, pemberian suplemen bubuk daun kelor selama 6 bulan mampu mengurangi tingkat keparahan anemia hingga 69%-77%.

2. Masalah Pencernaan

Daun kelor juga memiliki manfaat dalam membantu mengobati beberapa gangguan perut. Mengutip MedicalNewsToday, salah satunya adalah mencegah kolitis ulserativa dengan efek antiinflamasi yang dibawanya.

Selain itu, Ayurveda menyebut daun kelor punya khasiat lain seperti membantu mengatasi sembelit. Salah satu penelitian menemukan daun tersebut punya efek pencahar ringan yang akan bermanfaat bagi pengidap sembelit.

3. Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi bahaya, karena dapat memunculkan komplikasi. Maka itu, Anda wajib menjaga kadar gula darah tubuh dalam takaran yang normal.

Pada beragam penelitian, ditunjukkan bahwa salah satu khasiat daun kelor adalah menurunkan kadar gula darah. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari manfaat tersebut.


4. Asam Urat

Daun kelor memiliki berbagai kandungan yang bisa berperan sebagai antiperadangan. Salah satu yang sering disebut adalah membantu mengatasi peradangan sendi dari penderita asam urat.

Selain itu, kandungan vitamin C pada daun kelor juga bisa membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Namun, konsumsi daun kelor ini perlu dibarengi juga dengan perubahan pola hidup sehat, termasuk mengurangi makanan dengan kandungan purin tinggi.

5. Asma

Berikutnya adalah asma. Daun kelor dapat membantu mengurangi tingkat keparahan masalah asma.

Mengutip laman Kemenkes, kandungan dalam daun tersebut bisa melindungi kondisi penyempitan brokus. Hal ini bermanfaat terhadap fungsi paru-paru dan membaiknya sistem pernapasan secara menyeluruh.

Itulah sejumlah penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan daun kelor.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)