5 Cara Meredakan Sakit Perut secara Alami, Nomor 1 Paling Mudah

Selasa, 09 Januari 2024 - 07:25 WIB
loading...
5 Cara Meredakan Sakit Perut secara Alami, Nomor 1 Paling Mudah
Sakit perut kerap mengganggu aktivitas. Nah, begini mengatasinya. Foto/ patientpop
A A A
JAKARTA - Sakit perut kerap mengganggu aktivitas, di mana rasa sakit atau pegal yang dialami seseorang di antara dada dan selangkangan.

Intensitas nyeri ini bervariasi dan memengaruhi berbagai area perut, seperti hati, kantung empedu, pankreas hingga usus.



Rasa sakit pada bagian perut ini pun beragam seperti mulas, kembung hingga bergas. Penyababnya juga perlu diketahui lebih lanjut.

Bila Anda merasakan sakit atau tak nyaman pada perut, Anda bisa melakukan beberapa tips ini di rumah. Ini bisa meredakan sakit pada perut dengan cara alami.

Penasaran, bagaimana tips meredakan sakit perut yang bisa dilakukan di rumah? Berikut tipsnya dilansir Medical News Today, Selasa (9/1/2024).

Cara Meredakan Sakit Perut

1. Minum Air

Cara pertama ialah meminum air. Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien.

Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, sehingga meningkatkan kemungkinan sakit perut. Selain itu, minum air putih dapat membantu mengurangi sakit maag.

2. Tidak Berbaring

Menghindari berbaring dapat mencegah gangguan pencernaan menjadi mulas. Saat tubuh dalam posisi horizontal, asam lambung lebih cenderung bergerak mundur dan naik, sehingga bisa menyebabkan mulas.

Oleh karena itu, penderita sakit perut sebaiknya menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam hingga sakit perut berlalu.

3. Air Jahe

Selanjutnya ialah mengonsumsi air jahe. Jahe dapat meredakan mual dan rasa tak nyaman pada perut.

Orang yang sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke dalam makanannya atau meminumnya sebagai teh. Beberapa minuman jahe alami mungkin juga mengandung cukup jahe untuk meredakan sakit perut.

Baca Juga: Viral BCL Foto di Al Ula, Kota yang Dihindari Rasulullah

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Saat sakit perut, hindari untuk merokok dan meminum alkohol.
Merokok dan alkohol dapat memicu gangguan pencernaan dan kondisi pencernaan lainnya, seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Hal itu dapat memperparah sakit atau tak nyaman bagi perut Anda.

5. Konsumsi Aloe Vera

Satu lagi cara untuk meredakan sakit perut ialah mengonsumsi jus aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar dan radang usus besar.

Lidah buaya juga memberikan kesan sejuk pada perut Anda sehingga bersifat menenangkan dan dalat mengatasi rasa tak nyaman pada perut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)