Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Mencegah Flu dan Penularannya

Rabu, 10 Januari 2024 - 17:48 WIB
loading...
Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Mencegah Flu dan Penularannya
Banyak yang penasaran bagaimana cara mencegah flu di tengah musim hujan? Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Banyak yang penasaran bagaimana cara mencegah flu di tengah musim hujan? Terlebih, musim hujan yang terjadi belakangan ini kerap disertai angin kencang dan kelembaban yang tinggi.

Gejala flu ditandai dengan bersin berulang kali. Selain itu, ada perubahan suhu tubuh dan tersumbatnya saluran pernapasan. Selain itu, badan akan terasa pegal-pegal, terutama di bagian sendi. Gejala lain bisa berupa sakit tenggorokan, batuk hingga badan terasa menggigil.

Lantas, bagaimana cara mencegah flu dan penularannya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Rutin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membasmi kuman penyebab penyakit, termasuk virus flu yang menempel di tangan. Anda disarankan mencuci tangan, terutama sebelum mengonsumsi atau mengolah makanan dan setelah buang air besar atau buang air kecil.

Bila tidak menemukan air, Anda bisa mencuci tangan dengan hand sanitizer. Dengan menggunakan hand sanitizer, tangan jadi lebih bersih dan aman bila memegang makanan atau minuman.


2. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C, akan memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, salah satu elemen yang dibutuhkan oleh tubuh agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

3. Perbanyak Minum Air

Saat gejala flu muncul penting untuk segera minum lebih banyak air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Tidak hanya dengan minum, Anda bisa konsumsi sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan.

4. Berkumur dengan Air Garam

Cara alami untuk mengatasi gatal di tenggorokan adalah konsumsi segelas air hangat yang ditambahkan setengah sendok teh garam dapur. Hal ini karena garam mampu menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir serta meringankan iritasi di tenggorokan.

5. Semprot Hidung yang Tersumbat

Saat gejala flu baru muncul, maka Anda harus memastikan hidung bersih dan tidak mampet. Semprot hidung yang mengandung saline bisa Anda gunakan sehingga gejala tidak berkembang semakin parah.

6. Istirahat yang Cukup

Faktanya, tubuh tidak mampu melawan virus dengan lebih baik jika tubuh tak mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah gejala muncul, sebaiknya segera beristirahat. Agar semakin nyenyak, Anda bisa terlebih dulu mandi dengan air hangat guna meningkatkan kualitas tidur.


7. Penuhi Kebutuhan Gizi

Pola makan sehat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, serta sayuran berwarna yang kaya antioksidan.

8. Konsumsi Obat

Untuk melawan rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen selama dua jam ke depan. Anda juga bisa konsumsi obat-obatan alergi seperti zyrtec dan benadryl, yang dapat membantu meredakan gejala seperti hidung meler atau mata berair. Sementara untuk membersihkan sinus, Anda bisa menggunakan obat yang mengandung dekongestan.

9. Lakukan Latihan Fisik Ringan

Istirahat memang disarankan. Namun, saat gejala awal flu muncul, Anda juga bisa melakukan sedikit latihan fisik ringan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Flu dapat dengan mudah menyebar melalui bersin dan batuk. Agar tidak menulari keluarga, teman, dan orang lain, pastikan untuk selalu mencuci tangan serta menggunakan masker saat bepergian.

Itulah sembilan cara mencegah flu dan penularannya. Dapatkan produk kesehatan lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)