5 Tanda Sudah saatnya Mengganti Sikat Gigi, Salah Satunya Muncul Bau

Jum'at, 12 Januari 2024 - 15:20 WIB
loading...
5 Tanda Sudah saatnya Mengganti Sikat Gigi, Salah Satunya Muncul Bau
Ada beberapa tanda sudah saatnya Anda mengganti sikat gigi demi kesehatan mulut. Sikat gigi akan rusak seiring berjalannya waktu dan digunakan cukup lama. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tanda sudah saatnya Anda mengganti sikat gigi demi kesehatan mulut. Sikat gigi akan rusak seiring berjalannya waktu dan setelah digunakan cukup lama. Jika sudah usang, sikat gigi tidak dapat membersihkan gigi dan gusi seefektif sebelumnya.

Jika hal ini terjadi, penting bagi kesehatan mulut untuk mengganti sikat gigi yang sudah usang dengan yang baru. Biasanya, sikat gigi manual perlu diganti setiap tiga hingga empat bulan sekali dan elektrik satu hingga tiga bulan.

Namun, menurut pedoman produsen dan rekomendasi dokter gigi, sikat gigi harus diganti setiap 12 hingga 16 minggu. Ada juga kasus di mana Anda perlu mengganti sikat gigi lebih awal.

Tanda Sudah saatnya Mengganti Sikat Gigi



Berikut tanda sudah ssaatnya mengganti sikat gigi dilansir dari Dentistry of West Bend, Jumat (12/1/2024).



5 Tanda Sudah saatnya Mengganti Sikat Gigi, Salah Satunya Muncul Bau

Foto/Infografis SINDOnews

1. Memiliki Bau


Jika Anda membiarkan sikat gigi hingga tercium bau, ini tandanya sikat gigi yang digunakan telah memiliki banyak bakteri. Apabila terus menerus dipakai, maka bakteri akan masuk dan menempel ke gigi dan gusi. Sehingga sikat gigi tidak maksimal membersihkan kuman.

2. Bulu Sikat Sudah Tidak Rapi


Semakin sering dipakai, maka bulu dari sikat gigi pun akan mudah rapuh atau bahkan bentuknya sudah berubah. Jika bulu sikat gigi sudah tidak tegap dan kokoh, ini tandanya Anda sudah harus menggantinya dengan yang baru. Sebab menyikat gigi dengan bulu sikat yang sudah tidak rapi membuat proses pembersihan menjadi tidak efektif.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)