5 Tips Memilih Parfum untuk si Kulit Sensitif

Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:25 WIB
loading...
5 Tips Memilih Parfum untuk si Kulit Sensitif
Menyemprotkan parfum sebelum mulai beraktivitas menjadi rutinitas harian sebagian besar orang. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menyemprotkan parfum sebelum mulai beraktivitas menjadi rutinitas harian sebagian besar orang. Demi bisa tampil percaya diri, parfum menjadi salah satu produk penting yang harus dimiliki, apalagi saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, penggunaan parfum juga membuat orang yang memiliki kulit sensitif menjadi khawatir. Ingin menggunakan parfum dengan aroma kesukaan tapi takut terhadap reaksi yang akan muncul di kulit ketika mengaplikasikannya.

Beberapa produk parfum juga memiliki kandungan alkohol dan kandungan lain yang berpotensi membuat kulit iritasi. Lantas bagaimana cara memilih parfum untuk kulit yang sensitif? Yuk simak tipsnya, seperti dilansir dari laman Well and Good, Sabtu (13/1/2024).


1. Lakukan Uji Tempel

Salah satu langkah penting untuk pemilik kulit sensitif dalam memilih parfum yakni melakukan uji tempel pada kulit yang sensitif. Jika produk parfum dalam bentuk balm, maka oleskan di kulit tangan sedikit. Sementara untuk produk semprot, Anda bisa semprotkan ke pergelangan tangan. Tunggu beberapa saat, apabila muncul rasa gatal, kemerahan atau bintik ruam, maka produk tersebut tidak cocok untuk kulit sensitif Anda.

2. Perhatikan Kandungannya

Parfum sering kali mengandung alkohol yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, parfum yang memiliki kandungan alholok tinggi juga dapat menimbulkan bekas atau noda pada baju. Karena itu, lebih baik mencari produk yang ramah untuk kulit sensitif.

3. Pilih Parfum dengan Bahan yang Lembut

Pilihlah parfum atau produk wewangian yang berasal dari bahan-bahan sederhana dan lembut. Terkadang bahan aktif yang keras seperti retinoids dan exfoliating acids juga terdapat di produk parfum. Jika tidak teliti dalam memilih produk, maka Anda bisa terkena iritasi kulit.


4. Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Produk

Terkadang saking gemar menggunakan parfum dan wewangian, Anda menjadi berlebihan dalam menggunakan produk. Memang penggunaan produk yang berlapis-lapis bisa membuat aroma tahan lebih lama. Akan tetapi, hal ini juga dapat meningkatkan potensi alergi dan iritasi dari kandungan produk parfum. Terlebih jika Anda menggunakan lotion dengan wangi yang sangat semerbak. Artinya produk ini memiliki banyak kandungan parfum atau alkohol di dalamnya.

5. Jangan Semprot ke Area Wajah

Umumnya banyak orang menyemprotkan parfum ke leher. Semprotan tersebut berpotensi terkena kulit wajah lho. Jika kulit Anda sensitif, biasanya ketika terkena semprotan parfum kulit akan menjadi kering, gatal hingga seperti terkelupas. Sebetulnya menyemprotkan parfum dengan kandungan alkohol yang tinggi juga dapat menyebabkan keratosis pada kulit leher.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2972 seconds (0.1#10.140)