Begini Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan, Jangan Panik!

Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:00 WIB
loading...
Begini Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan, Jangan Panik!
Tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun, ada cara yang dapat membantu mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan panik, meski biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, ada cara ampuh yang dapat membantu mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan.

Tulang ikan sendiri berukuran kecil, berbentuk aneh, dan tajam. Tulang ini biasanya akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, beberapa orang akan mengalami tulang ikan tersangkut di tenggorokan .

Seseorang akan merasakan tulang ikan segera setelah tersangkut di tenggorokan. Penyebab ketidaknyamanan juga akan segera terlihat. Selain rasa tidak nyaman secara umum, ada beberapa kemungkinan gejala tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

Gejala Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan



Berikut gejala tulang ikan tersangkut di tenggorokan dilansir dari Medical News Today, Sabtu (13/1/2024).



1. Batuk
2. Sesasi berduri
3. Nyeri saat menelan
4. Kesulitan menelan
5. Perasaan penuh di pangkal leher
6. Rasa sakit yang tajam di bagian tulang yang mengenai tenggorokan
7. Muntah darah

Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan



Sementara itu, dokter umum sekaligus health educator, dr Kevin Mak mengatakan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan menyebabkan tenggorokan menjadi merah dan iritasi. Cara pertama mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan lembut.

"Kalau ada tulang ikan atau makanan yang nyangkut di tenggorokan Anda, yang pertama Anda bisa makan makanan yang lembut," kata Kevin dikutip dari akun TikTok pribadinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)