Apakah Tidur Siang Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah?

Senin, 15 Januari 2024 - 11:10 WIB
loading...
Apakah Tidur Siang Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah?
Sejumlah orang percaya bahwa tidur siang bisa menaikkan kadar gula darah sehingga banyak yang melewatkan. Faktanya, tidur siang tidak meningkatkan gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sejumlah orang percaya bahwa tidur siang bisa menaikkan kadar gula darah sehingga banyak yang melewatkan waktu istirahat ini. Namun faktanya, tidur siang tidak meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Wakil presiden perawatan primer untuk American Diabetes Association dan profesor di University of Minnesota Medical School Kevin Peterson mengatakan bahwa tidur siang tidak begitu memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Dilansir dari The Healthy Reader’s Digest, Senin (15/1/2024) secara umum, naik turunnya gula darah bergantung pada dua hal. Yakni pola makan dan gula darah istirahat yakni kadar gula darah saat bangun tidur atau belum makan.

“Tidur siang sendiri tidak banyak mengubah gula darah. Jika Anda belum makan, dan gula darah Anda berada pada tingkat istirahat, maka kadarnya akan tetap sama. Jika Anda tidur siang setelah makan, kemungkinan besar akan meningkat,” kata Peterson.



Apakah Tidur Siang Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah?

Foto/Infografis SINDOnews

Sementara itu, profesor kedokteran dan epidemiologi di Universitas Pittsburgh dan direktur medis program gangguan tidur komprehensif di Pusat Medis Universitas Pittburgh Sanjay R Patel menjelaskan bahwa sulit untuk membuat generalisasi tentang apakah tidur siang baik atau buruk untuk gula darah.

Ini karena semuanya bergantung pada kesehatan individu secara keseluruhan. Seperti halnya apakah mereka cukup tidur di malam hari, apakah mereka secara umum sehat tanpa diabetes, atau apakah mereka menderita diabetes.

Di sisi lain, Peterson menyebut tidur siang di sore hari tidak masalah jika Anda menderita diabetes. Hal ini selama Anda mempertahankan gaya hidup sehat yang mencakup aktivitas fisik dan pola makan sehat.

Studi pada 2016 yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Iran menemukan bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes yang tidak mendapatkan tidur malam yang nyenyak pada malam sebelumnya.



“Kadang-kadang orang (dengan diabetes) khawatir tentang apa yang mungkin terjadi jika gula darah mereka turun saat tidur siang, tapi gula darah rendah biasanya akan membangunkan Anda,” jelas Peterson.

“Namun, jika gula darah turun, harus segera menemui dokter. Jika gula darah Anda terkontrol dengan baik, maka mencari waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pilihan pribadi,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)