Apa Ciri-ciri Epilepsi pada Anak? Waspadai 5 Gejala Ini

Senin, 15 Januari 2024 - 13:18 WIB
loading...
Apa Ciri-ciri Epilepsi pada Anak? Waspadai 5 Gejala Ini
Ciri-ciri epilepsi pada anak penting diketahui. Epilepsi merupakan kondisi otak yang menyebabkan kejang. Sel-sel di otak menimbulkan ledakan aktivitas listrik. Foto/Acep Now
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri epilepsi pada anak penting diketahui para orang tua. Sebab, epilepsi merupakan suatu kondisi otak yang menyebabkan kejang. Sel-sel di otak tiba-tiba menimbulkan ledakan aktivitas listrik yang tidak teratur dan akibatnya adalah kejang.

Anda mungkin mengenali kejang ketika seseorang pingsan dan tubuhnya bergetar tak terkendali sebagai ciri-ciri epilepsi . Namun tidak semua kejang terlihat sama. Beberapa anak menatap atau mengalami kebingungan saat kejang.

Meskipun epilepsi menyebabkan kejang, tidak semua kejang disebabkan oleh epilepsi pada anak. Untuk menerima diagnosis epilepsi, dokter akan memeriksa apakah anak mengalami lebih dari satu kejang yang tidak disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.

Ciri-ciri Epilepsi pada Anak



Kejang merupakan ciri-ciri utama epilepsi pada anak. Namun, ada gejala lain yang menjadi tanda awal yang harus diwaspadai para orang tua. Berikut di antaranya dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (15/1/2024).



1. Hilang kesadaran
2. Kebingungan
3. Tatapan kosong
4. Perubahan pada pendengaran, penglihatan, rasa atau bau anak
5. Merasa tidak enak badan, seperti sakit perut atau perubahan suhu tubuh

Gejala Epilepsi pada Anak



Kejang bisa terjadi dengan cepat, terkadang tanpa tanda apa pun sebelum dimulai. Sementara itu, gejala epilepsi pada anak saat kejang hanya berlangsung beberapa menit. Adapun gejala tersebut meliputi:

1. Kehilangan kesadaran atau pingsan
2. Gerakan otot yang tidak terkontrol, sentakan atau kedutan, atau gerakan berulang pada suatu bagian tubuh
3. Ketidakmampuan untuk berbicara, menampar bibir, atau melakukan gerakan mengunyah dengan mulut
4. Detak jantung yang cepat
5. Nafas cepat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)