Mengenal Penyakit Mata Bengkak, Penyebabnya dari Alergi hingga Kurang Tidur

Selasa, 16 Januari 2024 - 00:28 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Mata Bengkak, Penyebabnya dari Alergi hingga Kurang Tidur
Kejadian mata bengkak yang seringkali dialami sebagian orang. Penyebabnya pun bervariasi. Foto/ zeiss.
A A A
JAKARTA – Kejadian mata bengkak yang seringkali dialami oleh sebagian orang. Tentu ini mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab mata bengkak pun bervariasi, bisa karena gigitan serangga, cedera, kurang tidur atau riwayat alergi.

Menurut dokter umum sekaligus Healthy Educator, dr Kevin Mak, kondisi mata bengkak bisa menjadi suatu pertanda bahwa mata Anda sedang tidak baik-baik saja atau dengan kata lain ada penyakit alergi berat yang tanpa disadari muncul.



Tanda gejala seperti bengkak, ditambah munculnya warna lebam atau memar, sehingga membuat mata terlihat lebih kecil untuk melihat. Menurut dr Kevin Mak, kondisi seperti ini disebut dengan reaksi anafilaktik atau reaksi alergi yang sangat berat.

“Ketika terjadi reaksi seperti ini maka akan timbul gejala seperti bengkak pada kedua mata, tangan dan kaki, dan yang paling bahaya adalah jika tidak ditangani bisa menyebabkan bengkak, dan juga penutupan saluran napas, akhirnya menyebabkan gagal napas,” kata dr Kevin, dikutip dalam akun TikToknya @drkevinmak, Senin (15/1/2024).

Menurutnya, reaksi alergi yang ditimbulkan bisa disebabkan banyak hal misalnya alergi debu, makanan, atau yang paling sering ditemukan pada kebanyakan kasus, yaitu alergi obat seperti ibuprofen atau jenis obat antibiotik lainnya.

Untuk itu, jika di luar negeri para penduduknya yang memiliki riwayat alergi, akan selalu membawa suatu alat kecil seperti suntikan yang berisikan kandungan obat adrenalin, gunanya sebagai pertolongan pertama apabila penderita mengalami alergi tersebut.



“Jadi ingat kalau Anda punya alergi terhadap sesuatu selalu sampaikan ketika Anda memesan makanan misalnya, atau sedang berobat untuk selalu waspada terhadap apa yang Anda konsumsi dan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh,” ucap dr Kevin.

Lebih lanjut, dr Kevin mengingatkan kepada seluruh masyarakat jika mengalami kondisi seperti itu agar segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat sehingga keluhan dapat segera diatasi dan ditangani secara tepat oleh ahlinya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)