3 Cara Mencegah Sakit di Musim Hujan

Selasa, 16 Januari 2024 - 12:23 WIB
loading...
3 Cara Mencegah Sakit di Musim Hujan
Menghadapi musim hujan dibutuhkan imunitas tubuh yang kuat agar tetap sehat. Bagaimana mengatasinya? Foto/ metropolisindia
A A A
JAKARTA – Menghadapi peralihan musim dari kemarau ke musim hujan atau disebut pancaroba, tentu membuat imunitas tubuh cenderung mengalami penurunan. Ini diakibatkan kelembaban yang tinggi serta timbulnya kuman, seperti virus , bakteri dan jamur yang mudah menyerang tubuh manusia. Lalu bagaimana mengatasinya?

Praktisi Kesehatan Masyarakat sekaligus Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Jakarta, Ngabila Salama mengatakan agar tubuh tetap sehat menghadapi perubahan cuaca atau memasuki musim hujan , ada beberapa cara yang bisa dilakukan.


Cara Mencegah Sakit di Musim Hujan

1. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Ngabila mengatakan pada cara pertama ini perlu dikencangkan kembali dengan mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker saat di tempat ramai, terutama jika tubuh sedang mengalami kondisi tidak fit, rutin mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun, menjaga ventilasi udara dan hindari asap rokok.

“Intinya PHBS adalah 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Upaya ini dilakukan untuk dapat mencegah penyakit menular seperti saluran nafas dan pencernaan,” kata Ngabila, dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

2. Imunisasi rutin lengkap

Imunisasi yang diberikan pemerintah diperuntukan mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa, dengan mendatangi pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas dan rumah sakit, maka masyarakat bisa mendapatkan imunisasi secara gratis.

“Imunisasi gratis dari pemerintah dari anak sampai dewasa, vaksin dosis 1-4 untuk Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas gratis di puskesmas dan RSUD terdekat, dan anjuran vaksin influenzae berbayar mandiri untuk usia enam bulan ke atas terutama kelompok rentan (balita, lansia, ibu menyusui, ibu hamil, dan tenaga kesehatan),” ucapnya.


3. CERDIK dan CERIA

CERDIK yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres.

Sedangkan CERIA Cerdas intelektual emosional spiritual, Empati dalam berkomunikasi efektif, Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan, Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan, dan Asah asih asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat setiap hari.

Lebih lanjut, Ngabila mengatakan agar mencegah keparahan dan kematian kuncinya adalah ada pada deteksi dini. Untuk itu, jika seseorang mengalami gejala diminta untuk segera datangi fasilitas kesehatan untuk dapat diberikan tindakan dan pengobatan sesuai dengan keluhan yang dirasakan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)