5 Buah yang Daunnya Bermanfaat bagi Kesehatan, Ini Daftarnya!

Selasa, 16 Januari 2024 - 09:39 WIB
loading...
5 Buah yang Daunnya Bermanfaat bagi Kesehatan, Ini Daftarnya!
Terdapat sedikitnya lima buah yang daunnya bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya daun pepaya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima buah yang daunnya bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya daun pepaya.

Buah tak hanya digemari karena rasanya yang enak. Sebagian besar penikmatnya juga mengharapkan manfaat kesehatan yang beragam.

Tak hanya terletak pada bagian dagingnya, sejumlah buah juga diketahui memiliki manfaat yang bisa diambil dari daunnya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang dapat disimak.


Buah yang Daunnya Bermanfaat bagi Kesehatan

1. Pepaya

Daun pepaya punya banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya membantu proses penyembuhan demam berdarah.

Manfaat tersebut bisa diperoleh dari kandungan carpaine yang dapat membantu peningkatan jumlah trombosit. Selain itu, daun pepaya juga dipercaya memiliki manfaat lain bagi kesehatan, seperti mempercepat penyembuhan luka, mengurangi radang sendi, kontrol gula darah, dan lain-lain.

2. Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki beragam manfaat yang berasal dari kandungan nutrisinya. Salah satu yang bisa disebutkan adalah membantu menurunkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian menyebut daun jambu biji punya manfaat dalam kontrol gula darah. Khasiat ini didapat dari kandungan polifenol yang dipercaya mampu mengontrol penyerapan karbohidrat dari asupan makanan.

Selain itu, masih ada sederet manfaat lain dari daun jambu biji. Di antaranya meringankan nyeri saat menstruasi, menjaga kesehatan pencernaan hingga membantu penyembuhan luka.


3. Sirsak

Daun sirsak mengandung banyak senyawa antioksidan seperti flavonoid, tanin hingga polifenol. Beragam komponen tersebut dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah membantu mengobati gangguan tidur seperti insomnia. Khasiat ini didapat karena daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos dan bertindak sebagai obat penenang.

Kemudian, daun sirsak juga dianggap bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Mereka memiliki kandungan bio aktif bernama annonaceous acetogenins (AGEs) yang mempunyai beberapa sifat antikanker.

4. Mangga

Berikutnya ada mangga. Tak hanya dagingnya yang lezat, bagian daun dari buah ini juga memiliki beragam manfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)