Mengenal Layanan Pain Management, Prosedur Medis untuk Atasi Nyeri pada Tubuh

Sabtu, 20 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
Mengenal Layanan Pain Management, Prosedur Medis untuk Atasi Nyeri pada Tubuh
Pain management atau manajemen nyeri adalah kumpulan prosedur medis untuk meredakan atau menghilangkan nyeri. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Masyarakat awam masih khawatir dengan nyeri yang timbul, terlebih saat menjalani operasi atau pembedahan. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, dunia kesehatan turut berkembang dalam hal pelayanan, salah satunya dalam rangka memberikan layanan pain management.

Dalam pengertiannya, pain management atau manajemen nyeri adalah kumpulan prosedur medis untuk meredakan atau menghilangkan nyeri.Nyeridalam bahasa awam merupakan kejadian yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh, yang menimbulkan ketidaknyamanan pada seseorang.

Nyeri timbul diakibatkan adanya jaringan tubuh yang mengalami kerusakan yang akan berdampak pada fisik dan psikologis penderitanya. Nyeri dapat muncul sebagai sistem yang melindungi tubuh dari kerusakan jaringan lebih lanjut atau aktivitas yang dapat menyebabkan kerusakan tubuh.
Berdasarkan sifatnya, nyeri bisa akut atau kronis. Sementara berdasarkan intensitasnya, nyeri dapat terasa ringan atau berat.

Nyeri akut timbul secara tiba-tiba dan penyebabnya sering kali dapat diketahui dengan jelas seperti cedera. Sementara nyeri kronis timbul dalam jangka panjang, bisa beberapa minggu atau bulan. Nyeri kronis sering kali muncul akibat suatu kondisi atau penyakit yang diderita oleh pasien.

Terkadang, untuk memberikan hasil maksimal, seseorang dapat menjalani lebih dari satu jenis metode manajemen nyeri. Hal ini karena nyeri sering kali melibatkan banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari pasien.

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi RS Harapan Keluarga member of Radjak Hospital Group dr. Juliando, Sp.OT, menjelaskan, masyarakat awam biasa mengenal pain management dengan istilah manajemen nyeri, yang mana hal tersebut adalah tindakan minimal invasif dengan menggunakan panduan alat dalam menangani nyeri, baik nyeri akut maupun kronik.

"Di sini apa saja prosedurnya? Prosedur yang digunakan ialah memasukkan obat ke tubuh bagian yang nyeri dengan menggunakan USG sebagai panduannya, supaya tepat sasaran," terang dr. Julianto belum lama ini.

Dokter Julianto menyampaikan, obat yang digunakan dalam tindakan ini, Steroit dan Platelet Rich Plasma serta Proloterapi, adalah obat yang memperbaiki struktur jaringan. Misalnya otot ataupun tendon yang mengalami kerusakan dan sebagai asal nyeri.

"Bisa juga dengan melakukan pemberian blok pada saraf, tindakan radio frekuensi atau neuro modulasi, yaitu melakukan abrasi pada tahap yang menimbulkan nyeri. Untuk alat-alat panduannya itu pun bukan hanya USG, ada juga poroskopi. Tapi yang lebih sering dipakai adalah USG, karena USG lebih mudah didapat, mungkin di seluruh rumah sakit sudah ada. Tapi memang kita butuh keahlian khusus untuk menggunakan USG guna melakukan pain management ini," paparnya.

Lebih jauh dr. Julianto mengungkapkan, sesuai perkembangan teknologi, RS Harapan Keluarga Cikarang turut mengikuti perkembangan kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang nyaman dan aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)