5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Senin, 22 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun
Beberapa kota di dunia penduduknya berumur panjang dan cenderung hidup lama. Dibandingkan di negara lain, mereka memiliki harapan hidup yang tinggi. Foto/Stars Insider
A A A
JAKARTA - Beberapa kota di dunia penduduknya berumur panjang dan cenderung hidup lama. Dibandingkan di negara lain, mereka memiliki harapan hidup yang tinggi karena menerapkan gaya hidup sehat.

Faktor seperti diet, sistem kesehatan yang baik, serta iklim sosial dan ekonomi dapat berkontribusi pada tingkat umur panjang di suatu daerah. Tak tanggung-tanggung, kota di dunia yang penduduknya berumur panjang ini mempunyai populasi di mana individu biasanya hidup hingga usia 90 atau bahkan 100 tahun.

Kota di dunia yang penduduknya berumur panjang ini dikenal juga dengan Zona Biru. Lantas di mana saja kota tersebut?

Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang



Berikut kota di dunia yang penduduknya berumur panjang dilansir dari Stars Insider, Senin (22/1/2024).



1. Okinawa, Jepang

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Foto/Stars Insider

Pulau Okinawa di Jepang dikenal sebagai salah satu tempat dengan harapan hidup tertinggi di dunia. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tinggal di Zona Biru ini memiliki tingkat kanker, penyakit jantung, dan demensia yang lebih rendah.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap umur panjang di Okinawa antara lain adalah aktivitas fisik moderat yang konsisten, partisipasi sosial yang aktif, dan konsumsi alkohol yang minimal atau tidak sama sekali.

Wanita Okinawa memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Mereka juga dibekali pemberdayaan sosial dan profesional sejak usia muda. Di Okinawa, spiritualitas dan agama juga merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sardinia, Italia

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Foto/Stars Insider

Sardinia, sebuah pulau Italia yang terletak di Laut Mediterania, memiliki keunggulan sebagai lokasi pertama yang diakui sebagai Zona Biru di dunia. Ogliastra, sebuah provinsi di Sardinia adalah wilayah yang paling sedikit penduduknya di Italia. Namun, tempat ini sebagai tempat di mana sejumlah besar pria hidup hingga usia 100 tahun.

Wilayah bersejarah di timur tengah Barbagia di Seulo, Sardinia juga dikenal karena populasinya yang menua. Faktanya, desa pegunungan Seulo memegang rekor 20 orang berusia 100 tahun dari 1996 hingga 2016 dan dikenal sebagai tempat orang hidup paling lama di dunia.

Ollolai yang berada di provinsi Nuoro termasuk dalam Zona Biru karena juga memiliki jumlah penduduk yang mencakup laki-laki yang telah mencapai usia 100 tahun. Penduduknya memiliki karakteristik gaya hidup yang sama seperti mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan, mengurangi kebiasaan merokok, dan menerapkan pola makan semi-vegetarian.



3. Ikaria, Yunani

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Foto/Stars Insider

Ikaria, sebuah pulau di Yunani yang terletak di Laut Aegea, terkenal karena memiliki proporsi penduduk berusia 90 tahun tertinggi di dunia, dengan sekitar satu dari tiga penduduknya adalah warga non-usia. Di Zona Biru ini, penduduknya mengalami penurunan angka kanker sekitar 20 persen, penyakit jantung 50 persen lebih rendah, dan kasus demensia yang minimal.

Panjang umur penduduk Agios Kirikos, Ikaria, dapat dikaitkan dengan kepatuhan mereka terhadap pola makan Mediterania yang kaya akan ikan dan sayuran. Selain itu gaya hidup sehat dan kecenderungan genetik mereka.

Banyak lansia di Ikaria yang tidak bergantung pada pengobatan atau memiliki disabilitas. Iklim yang mendukung juga memberikan kontribusi. Ikaria terkenal dengan anggur merahnya yang kuat. Namun, penduduk pulau tersebut mengaitkan umur panjang mereka dengan rendahnya konsumsi alkohol, terutama anggur. Pulau ini juga menekankan pentingnya tujuan, agama, dan makna, sebagai tiga landasan kesehatan.

4. Loma Linda, Amerika Serikat

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Foto/Stars Insider

Loma Linda, sebuah kota di San Bernardino County, California, secara mengejutkan masuk dalam daftar Zona Biru. Penduduk Loma Linda merupakan salah satu kota dengan tingkat umur panjang tertinggi di Amerika Serikat.

Umur panjang penduduknya sebagian disebabkan oleh kepatuhan mereka terhadap budaya kesehatan dan praktik pola makan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Penjualan alkohol diatur secara ketat di kota ini, dan merokok di tempat umum dilarang.

Umur panjang jemaat Advent dan umur panjang sebagian besar penduduk Loma Linda dapat dikaitkan dengan fokus mereka pada kesehatan, pola makan, dan pemeliharaan hari Sabat. Toko kelontong milik gereja tidak menjual daging atau produk daging. Gereja juga memiliki Perusahaan Kesehatan dan Kesejahteraan Sanitarium, produsen barang kesehatan dan vegetarian terkemuka.



5. Nicoya, Kosta Rika

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang, Nomor 2 hingga 100 Tahun

Foto/Stars Insider

Nicoya yang terpencil di pesisir Pasifik Kosta Rika terkenal dengan orang berusia 100 tahun yang tinggi, menjadikannya kawasan Zona Biru lainnya. Penduduk di sini memiliki tingkat kasus penyakit yang jauh lebih rendah, yang biasanya berakibat fatal di wilayah maju lainnya.

Penduduk Nicoya memiliki karakteristik gaya hidup yang serupa dengan penduduk yang tinggal di Zona Biru lainnya. Di sini, asupan kalori dalam jumlah sedang, pola makan nabati, dan hampir tidak mengonsumsi alkohol, semuanya berkontribusi terhadap harapan hidup panjang penduduk.

Aktivitas fisik yang teratur disebut-sebut sebagai salah satu alasan mengapa masyarakat di semenanjung tersebut berumur panjang. Olahraga membantu mengurangi stres yang diketahui berdampak negatif pada tubuh. Mereka juga menjalani gaya hidup sederhana yang berfokus pada keluarga, hubungan sosial, dan pencarian makna hidup.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)