Resep Roti Abon Empuk yang Cocok Jadi Camilan Sore

Minggu, 21 Januari 2024 - 18:03 WIB
loading...
Resep Roti Abon Empuk yang Cocok Jadi Camilan Sore
Anda yang sedang mencari camilan sore di akhir pekan, bisa mencoba resep roti abon. Kudapan ini wajib dicoba oleh mereka yang gemar mengonsumsi roti. Foto/Endeus TV
A A A
JAKARTA - Anda yang sedang mencari camilan sore di akhir pekan, bisa mencoba resep roti abon . Kudapan ini wajib dicoba oleh mereka yang gemar mengonsumsi roti lantaran rasanya yang enak dan tekstur empuk dan lembut.

Resep roti abon ini menawarkan rasa manis dan gurih dari abon. Anda juga bisa menambahkan peterseli dan cabai merah dalam mayones untuk menambah warna dan rasa sehingga camilan ini terasa lebih nikmat.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep roti abon yang empuk dan lembut dirangkum dari Endeus TV, Minggu (21/1/2024).

Resep Roti Abon Empuk yang Cocok Jadi Camilan Sore





Bahan-bahan:

250 g susu cair hangat
11 g (1 sachet) ragi instan
30 g gula pasir
400 g tepung terigu protein tinggi
3 sdm susu bubuk
2 butir telur ayam
½ sdt garam
100 g mentega tawar

Isi:

200 g mayones
200 g abon sapi

Cara Membuat:

Campur susu cair, ragi dan gula pasir. Aduk rata, diamkan hingga berbuih. Dalam mangkuk mixer, masukkan tepung terigu, susu bubuk, telur dan campuran susu, aduk rata. Tambahkan garam dan mentega, uleni hingga kalis.

Pindahkan adonan ke dalam mangkuk, tutup dengan plastic wrap. Diamkan adonan selama 45-60 menit atau sampai mengembang dua kali lipat. Kempiskan adonan, gilas adonan roti menggunakan rolling pin menjadi 25x25 cm.

Letakkan adonan di atas loyang 30x30x3 cm yang sudah dialasi baking paper. Tutup dengan plastik wrap, diamkan selama 30 menit atau hingga mengembang dua kali lipat. Panggang dalam oven panas suhu 180 derajat celsius selama 15 - 20 menit hingga matang. Keluarkan, lepaskan dari baking paper.



Siapkan baking paper dengan ukuran lebih besar dari roti. Letakkan roti di atasnya. Olesi setengah bagian mayones dan taburi setengah bagian abon sapi di atasnya. Gulung roti beserta baking paper nya.

Rekatkan dengan selotip, diamkan dalam kulkas selama 60 menit hingga padat. Keluarkan dari kulkas, potong roti ukuran 5 cm. Olesi bagian ujungnya dengan sisa mayonaise dan sisa abon. Sajikan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6160 seconds (0.1#10.140)