Kenapa Penumpang Tak Boleh ke Toilet saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat?

Senin, 22 Januari 2024 - 14:41 WIB
loading...
Kenapa Penumpang Tak Boleh ke Toilet saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat?
Salah satu aturan wajib saat penerbangan adalah penumpang tidak boleh pergi ke toilet ketika pesawat lepas landas maupun mendarat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Salah satu aturan wajib saat penerbangan adalah penumpang tidak boleh pergi ke toilet ketika pesawat lepas landas maupun mendarat. Pramugari atau pramugara akan selalu mengumumkan hal tersebut sebelum penerbangan dilakukan.

Larangan itu menjadi salah satu prosedur standar yang harus dilakukan saat lepas landas dan mendarat, di mana itu menjadi momen yang paling berbahaya saat penerbangan.

Di waktu tersebut, penumpang harus tetap berada di tempat duduknya serta memiliki jalur keluar yang jelas dan tidak terhalang untuk menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi. Jika pilot terpaksa melakukan pendaratan keras secara tiba-tiba, siapa pun yang berada di toilet dapat terluka, karena tidak ada sabuk pengaman yang mampu menjaga penumpang tetap di tempatnya.



Jika terjadi pendaratan darurat, penumpang juga bisa terjebak di kamar kecil. Toilet juga memiliki tepian tajam dan kaca yang dapat pecah dan menimbulkan ancaman. Karena ini juga merupakan tempat menampung air, listrik, dan kertas, tentu terdapat risiko kebakaran. Kalau terjadi evakuasi darurat, penumpang bisa terjebak di kamar kecil dan tak dapat melarikan diri.

Terlalu banyak bahaya yang mungkin terjadi jika membiarkan penumpang ke toilet di waktu lepas landas dan mendarat. Meskipun satu orang belum tentu terpengaruh, aturan dilarang menggunakan toilet juga diklaim untuk menjaga pusat gravitasi. Hal ini diperlukan untuk memastikan performa maksimal pesawat tersedia bagi pilot dan jika banyak orang mengantre di pintu belakang, hal itu bisa berdampak.

Selain itu menurut Gizmodo yang dilansir dari Travel and Leisure, salah satu alasan paling mengerikan adalah jika terjadi pendaratan yang fatal, tim tanggap darurat dapat mengidentifikasi jenazah berdasarkan tabel tempat duduk.

Disarankan bahwa waktu terbaik untuk menggunakan toilet pesawat adalah segera setelah kapten mematikan tanda kencangkan sabuk pengaman dan sebelum layanan minuman dimulai.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)