Edukasi Anak-Anak Indonesia Melalui Kisah Dongeng Tradisional

loading...
Edukasi Anak-Anak Indonesia Melalui Kisah Dongeng Tradisional
Dongeng musikal Bawang Merah Bawang Putih disajikan dengan menggabungkan seni peran, tarian dan akrobatik. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan tema Indonesia Maju, Abuba steak bersama Rumah Dongeng Pelangi menyelenggarakan Virtual Charity Concert Dongeng Musikal Bawang Merah Bawang Putih. Melalui pertunjukan musikal ini penyelenggara berupaya menyajikan hiburan yang sarat nilai moral dan edukasi bagi keluarga dan anak-anak Indonesia.

(Baca juga: Ini Daftar Nominasi Dahsyatnya Awards 2020 dan Cara Voting)

Dongeng musikal Bawang Merah Bawang Putih, yang menggabungkan seni peran, tarian dan akrobatik, menghadirkan banyak bintang. Beberapa di antaranya Elzan Aziz sebagai Bawang Putih, Dhea Seto (Bawang Merah), Vicky Burki (Ibu Tiri), Siko Setyanto (Kakek), Dyan Larasati (Aerial Dancer), dan Emanuella Mila (Ibu Dongeng sekaligus script writer).

Executive Produser drama musikal ini, Elzan Azis mengatakan, ide pementasan ini berawal dari sebuah mimpi mengemas pertunjukan karya musikal yang ada value atau nilai moral serta punya dampak positif untuk anak-anak Indonesia.



"Harapannya ke depan kisah dongeng tradisional ini lebih kenal dan dekat anak-anak yang di dalam kisahnya ada nilai tentang persahabatan," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, pertunjukan ini meski dilakukan dengan serba keterbatasan akibat adanya pandemi, namun pihaknya bertekad menghadirkan pertunjukan dengan unsur bercerita, bernyanyi, menari yang apik digabungkan dengan tarian akrobatik dengan pole dance.

(Baca juga: Rumah Kenangan, Teater Daring Pertama Tanpa Penonton)



"Challenge luar biasa dengan kondisi serba terbatas tapi bersyukur mendukung niat awal untuk memberikan yang terbaik untuk anak bangsa dan tanggung jawab bagi pendidikan anak-anak dengan tayangan yang edukatif," papar Elzan Azis.

Bukan tanpa alasan dipilihnya Bawang Merah Bawang Putih dari sekian banyak cerita rakyat di nusantara. Menurut Emanuella Milla, Bawang Merah Bawang Putih ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia, tapi kali ini berusaha membuat dengan kemasan berbeda.

"Kenapa namanya dongeng musikal jadi sesuatu yang baru agar familiar. Kekuatan dongeng anak-anak akan makin dekat dengan kisah dongeng tradisional yang tetap mempertahankan konsep. Dongeng musikal ini ingin energi ditularkan walau dimasa pandemi," ucapnya.

(Baca juga: 7 Resep Kreasi Es Krim untuk Camilan si Kecil)

Pertunjukan virtual yang bakal ditayangkan melalui YouTube dan Zoom selama 45 menit pada 16-17 Agustus ini membanderol tiket sebesar Rp75 ribu. Tiket bisa dibeli melalui outlet-outlet Abuba atau Instagram @abubasteak_ , @dongengmusikal dan @rumahdongengpelangi. Nantinya seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan ke Yayasan Heesu yaitu yayasan untuk anak-anak yang terkena Cerebal Palsy yang kurang mampu.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top