5 Alasan Mengganti Kopi dengan Teh di Pagi Hari, Pilihan Terbaik untuk Kesehatan

Kamis, 25 Januari 2024 - 04:43 WIB
loading...
5 Alasan Mengganti Kopi dengan Teh di Pagi Hari, Pilihan Terbaik untuk Kesehatan
Menikmati kopi di pagi hari bisa penambah energi. Namun, teh jadi minuman yang lebih sehat. Foto/ harvard.edu
A A A
JAKARTA - Menikmati kopi di pagi hari memberi kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang dan dinilai penambah energi. Namun, jika berbicara tentang minuman pagi yang lebih sehat, teh adalah pemenangnya. Kok bisa?

Dikutip Health Shots, ada beberapa alasan minum teh lebih bermanfaat daripada kopi. Meskipun kopi dan teh menawarkan manfaat kesehatan, ada alasan tertentu mengapa beberapa orang menganggap teh sebagai pilihan yang lebih baik di pagi hari dibandingkan minum kopi.


Manfaat minum teh pagi hari

1. Menurunkan kandungan kafein

Kafein memang memberi Anda energi, tetapi berbahaya jika tidak dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kandungan kafein dalam teh lebih rendah dibandingkan kopi, jadi minum teh memberikan manfaat yang lebih baik bagi tubuh Anda.

“Teh biasanya mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Meskipun kafein dapat memberikan dorongan energi awal, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegelisahan, kecemasan, dan gangguan pola tidur. Teh menawarkan asupan kafein yang lebih ringan, sehingga mengurangi risiko efek samping ini,” kata Kaul.

2. Teh bisa menenangkan

Kita semua merasa sedikit malas ketika bangun pagi hari. Kopi memberikan aliran energi instan yang mungkin tidak terlalu baik mengingat Anda merasa mengantuk di pagi hari.

“Teh mengandung asam amino yang dikenal sebagai L-theanine, yang memiliki efek menenangkan dan dapat mengimbangi efek stimulasi dari kafein. Hal ini dapat menyebabkan pengalaman bangun yang lebih bertahap dan lembut dibandingkan dengan sentakan kopi yang terkadang tiba-tiba”.

3. Hidrasi

Dehidrasi merupakan masalah kronis pada kopi jika tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini lebih akut pada musim dingin, mengingat konsumsi cairan kita berkurang pada puncak bulan-bulan musim dingin. Kopi bersifat diuretik, artinya dapat menyebabkan peningkatan produksi urin dan potensi dehidrasi. Teh, di sisi lain, berkontribusi terhadap hidrasi, karena sebagian besar terdiri dari air. Tetap terhidrasi di pagi hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

4. Peningkatan antioksidan

Teh, khususnya teh hijau, kaya akan antioksidan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan. Meskipun kopi juga mengandung antioksidan, jenis dan jumlahnya mungkin berbeda, kata Kaul.


5. Sensitivitas lambung

Kopi mungkin lebih asam dibandingkan teh, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut bagi sebagian orang. Teh cenderung lebih lembut di perut, menjadikannya pilihan yang lebih disukai bagi mereka yang sensitif terhadap asam atau masalah pencernaan.

Pada akhirnya, pilihan antara kopi dan teh di pagi hari bergantung pada preferensi individu, toleransi terhadap kafein, dan pertimbangan kesehatan. Moderasi itu penting dan mendengarkan respons tubuh Anda terhadap setiap minuman dapat membantu Anda menemukan minuman yang paling cocok untuk rutinitas pagi Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)