Buka Puasa Istimewa dengan Bolu Jeruk

Kamis, 24 Mei 2018 - 16:11 WIB
Buka Puasa Istimewa dengan Bolu Jeruk
Buka Puasa Istimewa dengan Bolu Jeruk
A A A
JAKARTA - Takjil tak melulu harus gorengan, meski menu yang satu ini menjadi kudapan favorit. Namun, jika bosan dengan takjil yang itu-itu aja, kini waktunya berkreasi dengan membuat bolu jeruk.

Kesegaran jeruk cocok untuk teman berbuka puasa sehingga buka puasa terasa lebih spesial. Penasaran ingin mencicipinya? Berikut resep bolu jeruk seperti dikutip Tastemade.

Bahan - bahan:
60 g mentega tawar
195 g tepung kue
9 butir telur
195 g gula
5 g garam
60 ml sirup jeruk
1 buah irisan kulit jeruk

Cara membuat:
Panaskan oven dengan suhu 180°C. Oleskan mentega pada loyang kue bentuk bundar atau nampan persegi panjang. Letakkan kertas kue ke dalam loyang, oleskan mentega pada kertas dan taburkan sedikit tepung.

Didihkan sirup jeruk dengan api kecil hingga volume berkurang. Dinginkan. Kocok kuning telur bersama gula di dalam mangkuk yang diletakkan di atas air mendidih, kocok hingga larut dan campuran terasa hangat. Angkat lalu kocok dengan mixer hingga warna terlihat pucat dan tekstur cukup tebal.

Masukkan sirup jeruk yang telah dididihkan, parutan kulit jeruk dan garam. Pindahkan ke mangkuk besar. Kocok putih telur dengan mixer hingga berbusa halus. Perlahan tambahkan gula yang tersisa, kocok hingga terlihat padat dan tekstur terlihat mengkilat.

Campurkan 1/3 adonan putih telur ke dalam mangkuk, adonan kuning telur, kocok lalu campurkan kembali sisa adonan putih telur. Taburkan tepung secara perlahan ke atas adonan. Saat adonan hampir tercampur, tuangkan mentega cair, aduk hingga tercampur dan terlihat halus.

Masukkan adonan ke dalam loyang atau nampan. Panggang selama 25 menit untuk loyang bundar atau 15 menit untuk nampan persegi panjang. Tambahkan gula cair dan parutan kulit jeruk sebagai topping. Bolu jeruk siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5252 seconds (0.1#10.140)