8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati, dari Kunyit hingga Kenari

Minggu, 28 Januari 2024 - 04:43 WIB
loading...
8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati, dari Kunyit hingga Kenari
Salah satu cara untuk mendukung kesehatan hati adalah dengan pola makan kaya nutrisi. Salah satunya kunyit. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA – Hati merupakan keajaiban multitasking, yang berfungsi dalam detoksifikasi, metabolisme, dan banyak fungsi lainnya.

Hati bertanggung jawab atas lebih dari 500 fungsi vital, layak mendapat tambahan nutrisi. Sementara, Sekira 38% populasi di dunia berjuang dengan penyakit hati berlemak.



Dikutip times of india, salah satu cara untuk mendukung kesehatan hati adalah dengan pola makan kaya nutrisi, yang mencakup makanan super. Apa saja?

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati

1. Kunyit

Kunyit terkenal dengan warna cerah dan efek terapeutik yang kuat, memiliki kualitas anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Menurut penelitian, kunyit secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan hati dengan menurunkan peradangan dan mencegah potensi bahaya. Apakah Anda menggunakannya dalam makanan atau mencari suplemen, memasukkan bumbu emas ini dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan hati.

2. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan rutinitas harian Anda. Teh hijau menjadi sumber dukungan hati yang kuat karena kandungan katekinnya yang tinggi. Dengan mencegah stres oksidatif dan peradangan, antioksidan ini dikaitkan dengan fungsi hati yang lebih baik. Teh hijau adalah tambahan yang bagus untuk diet ramah hati karena mengurangi risiko penyakit hati dan dapat diminum secara teratur, menjadikannya ritual yang menenangkan.

3. Jeruk

Jeruk bali sebagai yang terdepan, tetapi buah jeruk dapat menyegarkan pola makan Anda dengan kebaikannya yang lezat.

Buah-buahan ini membantu hati memecah zat berbahaya menjadi zat yang dapat diserap oleh air dengan cara merangsangnya. Buah jeruk, yang kaya akan antioksidan seperti naringin dan naringenin, menjadi perisai kuat terhadap potensi kerusakan hati dengan menurunkan peradangan.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan glukosinolat, merangsang enzim yang membantu detoksifikasi hati. Senyawa dalam sayuran ini membantu tubuh Anda membuang racun, membantu hati dalam menjalankan fungsi esensialnya. Kelezatan tanaman silangan ini menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk hati Anda selain memberi rasa pada makanan Anda.

5. Ikan Berlemak

Temukan manfaat asam lemak omega-3 dan nikmati kebaikan ikan berlemak. Lemak penting ini tidak hanya memberi rasa gurih pada makanan, juga penting dalam menurunkan kadar lemak hati. Karena sifat anti-inflamasinya yang terkenal, asam lemak omega-3 tidak hanya meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan tetapi juga memastikan kesehatan hati. Memasukkan ikan lezat ini ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk mendukung kesehatan secara umum dan menyehatkan hati.

6. Bit

Tambahkan beberapa bit berwarna cerah ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan aliran darah. Kaya akan nitrat, bit meningkatkan sirkulasi darah dan kinerja atletik. Selain itu, betaine, zat yang ditemukan dalam buah bit, mendukung proses detoksifikasi alami hati. Bit adalah makanan lezat dan bergizi untuk meningkatkan kesehatan hati Anda, baik ditambahkan ke salad, smoothie, atau hanya dimakan sebagai lauk lezat.


7. Minyak Zaitun

Tambahkan minyak zaitun extra virgin, juga dikenal sebagai emas cair, ke dalam masakan Anda untuk meningkatkan kualitas masakan Anda. Hati Anda terlindung dari peradangan dan stres oksidatif dengan pasokan antioksidan dan lemak sehat yang melimpah. Cara yang mudah namun efektif untuk mendukung kesehatan hati dan kesejahteraan umum adalah dengan mengganti minyak goreng yang kurang menyehatkan dengan minyak zaitun.

8. Kenari

Kenari bisa membuat hati lebih sehat. Kacang kenari, yang kaya akan antioksidan, asam amino, dan asam lemak omega-3, sangat penting untuk menurunkan peradangan dan membantu fungsi detoksifikasi hati. Makan segenggam kenari setiap hari merupakan pilihan yang enak dan menyehatkan untuk kesehatan hati, selain menambah kerenyahan yang nikmat pada camilan Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)