10 Makanan yang Meningkatkan Trombosit secara Alami

Selasa, 30 Januari 2024 - 07:25 WIB
loading...
10 Makanan yang Meningkatkan Trombosit secara Alami
Jika Anda memiliki trombosit rendah, ada makanan yang bisa menstabilkan. Salah satunya delima. Foto/ healthshots
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan yang meningkatkan jumlah trombosit secara alami. Sel-sel kecil berbentuk piring, lengket, tidak berwarna ini membantu membekukan darah, baik cedera kecil atau yang mengancam jiwa.

Nah, jika Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah, selain memerlukan perhatian medis, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang menstabilkan jumlah trombosit darah secara alami.



Buah-buahan, sayuran, polong-polongan, dan biji-bijian yang belum diolah mengandung nutrisi alami dan bagus untuk meningkatkan jumlah trombosit secara alami. Dikutip stylecraze, berikut makanan yang membantu meningkatkan trombosit

Makanan yang Meningkatkan Trombosit

1. Pepaya

Sangat disarankan untuk mengonsumsi pepaya jika kadar trombosit darah rendah. Selain, buah pepaya yang sudah matang, juga bisa meminum ramuan berbahan dasar daun pepaya yang juga tak kalah membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

2. Gandum

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Universal Pharmacy and Life Sciences edisi 2011, gandum bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit. Para peneliti menemukan bahwa hal itu membantu meningkatkan sel darah merah, hemoglobin, dan jumlah sel darah putih yang berbeda. Hal ini dikarenakan rumput gandum kaya akan klorofil dan memiliki struktur molekul yang hampir mirip dengan hemoglobin.

3. Delima

Biji delima berwarna merah seperti berlian sarat dengan nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan meningkatkan kekebalan. Penelitian ilmiah menegaskan bahwa buah delima dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit sehingga mencegah risiko penyakit.

4. Minyak Ikan

Pusat Kesehatan Regional Thunder Bay telah merekomendasikan diet tinggi protein untuk meningkatkan jumlah trombosit. Daging dan ikan tanpa lemak diketahui dapat meningkatkan jumlah trombosit, namun belum ada bukti ilmiah signifikan yang membuktikan hal tersebut.

Para peneliti telah menemukan bahwa minyak ikan berpotensi meningkatkan jumlah dan aktivitas trombosit serta mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan rendahnya jumlah trombosit.

5. Labu

Labu kuning kaya akan vitamin A, membantu mendukung perkembangan trombosit dan mengatur protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh. Pengaturan sel protein sangat penting untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

6. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan jumlah trombosit secara alami. Vitamin C adalah antioksidan kuat dan dosis vitamin yang lebih tinggi mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada trombosit.

Asupan Vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 65-90 mg sehari sesuai Mayo Clinic. Anda harus memasukkan makanan, seperti jeruk, lemon, kiwi, paprika, bayam, dan brokoli ke dalam makanan Anda.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan daun fenugreek, kaya akan vitamin K, oleh karena itu, Anda harus mengonsumsinya saat jumlah trombosit Anda mencapai titik terendah.

Saat terjadi cedera, tubuh mengaktifkan protein untuk merangsang pembentukan bekuan darah dan menghentikan pendarahan. Protein ini bergantung pada vitamin K untuk aktivasi, yang tanpanya pembekuan darah tidak mungkin terjadi. Itu sebabnya ketika trombosit darah rendah, Anda harus memperbanyak konsumsi sayuran hijau, terutama kangkung karena mengandung banyak vitamin K (1 cangkir kangkung cincang mengandung 547 mikrogram vitamin K).

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan lemak sehat dan nutrisi lainnya. Dan inilah mengapa hal ini dianggap sangat sehat dan efektif. Para ilmuwan memberi makan monyet rhesus dengan minyak kelapa dan menemukan bahwa aktivasi trombosit meningkat.

Gunakan minyak kelapa yang dapat dimakan untuk dikonsumsi. Tambahkan ke salad dan smoothie dan gunakan dalam memasak.


9. Susu Segar

Susu adalah sumber kalsium, vitamin D, folat, dan vitamin K yang baik. Kekurangan vitamin K mencegah pembekuan darah dan dapat menyebabkan pendarahan hebat. Oleh karena itu, sertakan susu dalam makanan harian Anda untuk meningkatkan kekebalan dan meningkatkan jumlah trombosit darah.

10. Makanan Kaya Folat

Folat secara alami terdapat pada banyak makanan seperti kacang merah, jeruk, kacang tanah, dan kacang polong.

Makanlah 20-25 kacang tanah sebagai camilan, atau masukkan kacang merah dan kacang polong ke dalam sup.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)