7 Cara Memasak Sayuran Paling Sehat Agar Tidak Kehilangan Nutrisi

Kamis, 01 Februari 2024 - 09:16 WIB
loading...
7 Cara Memasak Sayuran Paling Sehat Agar Tidak Kehilangan Nutrisi
Cara memasak sayuran paling sehat dapat memastikan Anda mempertahankan nutrisi. Tidak banyak orang mengetahuinya dan mengonsumsinya secara langsung atau mentah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara memasak sayuran paling sehat dapat memastikan Anda mempertahankan nutrisi sebanyak mungkin. Namun, tidak banyak orang mengetahuinya dan memilih mengonsumsinya secara langsung atau mentah.

Sebagian orang percaya bahwa sayuran mentah baik dikonsumsi karena mempertahankan nutrisinya. Namun, beberapa metode memasak sayuran paling sehat dapat membuat nutrisi tertentu lebih mudah diserap oleh tubuh.

Seperti diketahui, memasak dengan cara yang sehat dapat meningkatkan kandungan nutrisi makanan dan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. Berikut cara memasak sayuran paling sehat dilansir dari Times of India, Kamis (1/2/2024).

Cara Memasak Sayuran Paling Sehat Agar Tidak Kehilangan Nutrisi





1. Mengukus


Mengukus adalah metode memasak mudah yang membantu sayuran mempertahankan nutrisinya, termasuk vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan vitamin B kompleks. Sayuran dimasak di atas air mendidih untuk meminimalkan hilangnya nutrisi. Mengukus juga menjaga warna cerah dan rasa alami sayuran.

2. Menumis


Menumis dengan cepat dengan sedikit minyak sehat, seperti minyak zaitun, membantu sayuran mempertahankan kandungan nutrisinya. Sangat penting untuk menggunakan api sedang untuk menghindari degradasi nutrisi dan mempersingkat waktu memasak. Metode ini meningkatkan rasa dan tekstur sayuran sekaligus menjaga nilai gizinya.

3. Microwave


Sayuran yang dimasak dengan microwave bisa menjadi pilihan yang nyaman dan bergizi. Waktu memasak yang singkat dan penggunaan air yang minimal membantu menjaga vitamin yang larut dalam air. Untuk mempertahankan nutrisi, gunakan wadah tahan microwave dengan sedikit tambahan air dan hindari memasak terlalu lama.

7 Cara Memasak Sayuran Paling Sehat Agar Tidak Kehilangan Nutrisi

Foto/Infografis SINDOnews

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)