7 Cara Memasak Sayuran Paling Sehat Agar Tidak Kehilangan Nutrisi

Kamis, 01 Februari 2024 - 09:16 WIB
loading...
A A A

4. Memanggang


Memanggang sayuran menambah rasa berasap dengan tetap menjaga nutrisinya. Sangat penting untuk menggunakan api yang lebih kecil dan menghindari gosong yang berlebihan, karena memasak terlalu lama atau terbakar dapat menimbulkan senyawa yang berpotensi berbahaya. Mengasinkan sayuran sebelum dipanggang juga dapat meningkatkan cita rasa sayuran tanpa mengurangi nutrisinya.

5. Roasting


Roasting sayuran dalam oven bisa menjadi cara memasaknya yang beraroma sekaligus menjaga nutrisinya. Gunakan suhu sedang, dan masukkan sayuran ke dalam sedikit minyak untuk meningkatkan rasa dan teksturnya. Memanggang dapat memusatkan rasa dan membuat sayuran lebih menarik, sehingga meningkatkan keinginan untuk konsumsi.

6. Blanching


Blanching melibatkan perendaman sebentar sayuran dalam air mendidih, diikuti dengan pendinginan cepat. Cara ini membantu mempertahankan warna, tekstur, dan nutrisi sayuran. Sangat penting untuk memantau waktu untuk mencegah kehilangan nutrisi yang berlebihan.

7. Memasak Perlahan


Memasak dengan lambat memungkinkan sayuran dimasak dalam waktu lama, meningkatkan rasa dan menjaga kandungan nutrisi. Untuk menjaga nutrisi, tambahkan sayuran menjelang akhir proses memasak, karena paparan panas yang terlalu lama dapat menyebabkan hilangnya nutrisi.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3750 seconds (0.1#10.140)