Dapur Cokelat Persembahkan Praline Unik Rasa Khas Indonesia

Senin, 04 Juni 2018 - 16:05 WIB
Dapur Cokelat Persembahkan Praline Unik Rasa Khas Indonesia
Dapur Cokelat Persembahkan Praline Unik Rasa Khas Indonesia
A A A
TIDAK ada yang mampu menolak kelezatan cokelat. Rasa menggoda dari buah kakao yang menggiurkan ini semakin inovatif, hadir dalam bentuk asli, kue , maupun pastry .

Bagaimana jika cokelat dibuat dengan rasa ala kuliner Nusantara? Koleksi terbaru Cokelat Cinta Indonesia dari Dapur Cokelat yang sekaligus menandai perayaan tahun ke- 17 keberadaannya ini bisa Anda coba jika penasaran dengan uniknya rasa cokelat yang dipadukan dengan kuliner Nusantara. Terdiri dari sembilan rasa kuliner Indonesia, di antaranya rendang, soto, nasi uduk, sambal pecel, sambal kecombrang, sambal goreng rempeyek, kunyit asam, dan beras kencur, pencinta cokelat pasti akan mendapat kejutan saat mencobanya.

“Sembilan rasa Praline Nusantara kami pilih sebagai inspirasi karena kuliner, sambal, dan rempah merupakan identitas makanan asli khas Indonesia,” ungkap Ermey Trisniaty, pendiri Dapur Cokelat, saat konferensi pers di Jakarta. Dalam kesempatan yang sama, Chef Vindex Tengker, Advisor Asosiasi Culinary Professional, mengungkapkan bahwa Praline Nusantara tersebut sangat tidak biasa dan kreatif. Seiring dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap masakan Indonesia, adanya kreasi cokelat rasa kuliner Nusantara akan semakin menumbuhkan cinta terhadap kuliner Tanah Air.

“Inovasi Dapur Cokelat ini sesuatu yang baru, dikombinasikan dengan rasa lain, seperti asin dan pedasnya masakan Nusantara. Ini sensasional,” ungkapnya Penasaran ingin mencoba? Mulailah dengan cokelat rasa rendang. Tampilan cokelat dengan merah terang di bagian atas agak mirip tampilan sepiring rendang. Rasanya cukup unik, ada sedikit hentakan pedas dan terasa parutan kelapa saat menggigitnya. Semuanya itu terjalin lezat ketika rasa pahit cokelat ikut andil di dalamnya. Lalu, coba juga varian cokelat rasa sambal kecombrang yang memiliki tampilan cantik. Dengan bahan dasar cokelat hitam, tampilan dibentuk seperti bunga mawar dengan warna terang di bagian atas.

Rasanya pun ternyata cukup enak. Tidak ada rasa pedas menyengat, tetapi rasa yang cukup “normal” dengan bagian renyah di bagian tengah. Sementara untuk cokelat nasi uduk memiliki bentuk kerucut dan berbahan dasar cokelat putih. Warnanya putih kekuningan dengan percik hijau di bagian atas, seperti ingin menduplikasi nasi uduk bungkus. Gigitan pertama membuat Anda tahu rasanya santan padat. Pada akhir gigitan, mulai keluar rasa pahit dari bawang goreng. Semua unsur dari komponen nasi uduk ada di dalamnya. Berlanjut dengan cokelat rasa kunyit asam yang dibuat dengan bahan cokelat putih dan diberi warna kuning. Ada percikan warna terang yang turut menempel di permukaannya.

Begitu digigit, langsung terasa rempah kunyit menyeruak di dinding mulut. Berikutnya yang juga akan membuat takjub adalah cokelat rasa rempeyek yang didominasi rasa kacang. Diketahui, kacang sudah menjadi paduan umum sebuah cokelat, tetapi yang membedakan untuk cokelat rempeyek ini adalah adanya rasa daun jeruk di after taste - nya. Jadi, cokelat rasa ini tidak terlalu ajaib karena hampir sama dengan cokelat rasa kacang pada umumnya. Coba juga cokelat rasa sambal goreng yang sama sekali tidak akan mengecewakan. Dimulai dari bentuknya yang unik, berwarna cokelat dengan corak putih di bagian atas. Ketika digigit, rasa pertama adalah manis. Ketika akhirnya menyentuh bagian akhir, terjadi ledakan pedas. Lalu, ada cokelat rasa soto yang memiliki warna dasar cokelat dengan percikan ragam warna di permukaan.

Saat digigit langsung, rasa kacang yang kuat menyeruak. Sementara di bagian bawah, ada semacam rempah yang terasa seperti semacam koya dan mungkin akan sedikit aneh karena tidak biasa. Begitu juga dengan cokelat rasa bumbu pecel, ada bumbu pecel yang menjadi isian utama di bagian tengah yang agak sulit untuk kunyah. Sulit memberi padanan rasa yang tepat untuknya karena pecel dalam bentuk cokelat ini tidak begitu mirip rasa pecel aslinya. Terakhir, cokelat beras kencur.

Terasa segar karena bahan beras kencur, dasar cokelat rasa ini adalah cokelat hitam. Hasil akhirnya membentuk cokelat lonjong berwarna hijau terang dengan percikan rona putih-hitam di permukaan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7238 seconds (0.1#10.140)