alexametrics

Mudik, Cukupi Kebutuhan Tidur Agar Terhindar dari Kecelakaan

loading...
Mudik, Cukupi Kebutuhan Tidur Agar Terhindar dari Kecelakaan
Tidur menjadi hal yang penting saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Hal ini untuk keselamatan dan menghindaari kecelakaan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Saat perjalanan mudik Lebaran, pada umumnya orang lebih memilih mengkonsumsi kopi atau minuman berenergi agar tubuh tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik, dari pada beristirahat dan tidur sejenak. Padahal, tidur lebih efektif mengembalikan kebugaran tubuh dibandingkan lainnya.

"Berikan kesempatan bagi tubuh bersiap-siap. Saat berkendara nanti tubuh pasti akan sangat lelah dan jika tidak dijaga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh," kata dr Andreas Prasadja, RPSGT.

Selain itu, mencukupi waktu istirahat juga dapat menghindari tubuh dari rasa lelah dan mengantuk sehingga tubuh tetap waspada saat berkendara. Dengan demikian dapat terhindar dari risiko kecelakaan.

"Kecelakaan kan juga paling sering terjadi akibat human error, yang lagi-lagi disebabkan oleh kurang tidur," jelasnya.

Persiapan kondisi tubuh pun perlu dilakukan minimal seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain itu, bagi mereka yang menyetir penting untuk menghindari begadang sebelum mudik. Pastikan Anda tidur malam minimal enam jam setiap hari sehingga tubuh bugar saat berkendara.

"Jika hanya memenuhi jam tidur saat satu malam sebelum mudik tapi seminggu sebelumnya hanya tidur 3-4 jam saja per malam ya percuma, tubuhnya pasti masih kurang tidur. Kondisi tersebut masih belum baik untuk melakukan perjalanan jauh, apalagi bagi pengendara," tandasnya.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak