3 Kiat Wujudkan Pernikahan Impian Tanpa Utang, Calon Pengantin Harus Tahu!

Rabu, 07 Februari 2024 - 07:30 WIB
loading...
3 Kiat Wujudkan Pernikahan Impian Tanpa Utang, Calon Pengantin Harus Tahu!
Event Bridestory Market 2024 diadakan di Hall 3-3A ICE BSD pada 1-4 Februari lalu. Ajang seperti ini bisa dimanfaat calon pengantin untuk merencanakan pernikahan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Setiap pasangan muda pasti punya pernikahan impian untuk bisa terus dikenang. Hanya, mewujudkan pernikahan impian memerlukan perhitungan yang matang.

Hal itu penting agar momen bahagia tersebut tidak menjadi awal duka karena banyaknya utang yang harus ditanggung pasca pesta pernikahan. Karenanya, beberapa hal penting dipahami oleh calon pengantin sebelum menuju pelaminan.

Menurut Pakar Perencanaan Keuangan Melvin Mumpuni, ada beberapa hal yang perlu diketahui generasi muda dalam menyiapkan pernikahan.

Pertama, calon pengantin perlu menentukan tujuan dan konsep pernikahan sejak awal. Ini sangat membantu mereka agar dapat secara maksimal mempersiapkan dana untuk mewujudkan pernikahan impian.

"Generasi muda yang tengah mempersiapkan pernikahan harus lebih dulu menentukan tujuan, konsep, dan detail perencanaan dari pernikahan impian mereka. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk mewujudkannya," kata Melvin, Selasa (6/2/2024).



Kedua, kalkulasi atau harapan bisa balik modal sebaiknya dibuang jauh-jauh dan sumber dana yang digunakan sebaiknya dari kantong sendiri.

"Budget yang digunakan untuk melangsungkan pernikahan sebaiknya dari dana yang sudah secara khusus disisihkan untuk rencana tersebut," ujarnya.

Artinya, lanjut dia, tidak disarankan untuk mengharapkan uang hadiah atau sering disebut uang amplop dari tamu undangan ataupun pemberian lain saat melangsungkan pernikahan.

"Pasalnya, pernikahan adalah perayaaan syukuran, sehingga harus dibuang jauh-jauh asumsi balik modal," ujar Melvin.

Jadi, idealnya generasi muda harus memiliki budget maksimal sesuai perencanaan. Kelolalah biaya-biaya pernikahan itu kurang lebih 80-95 persen dari dana yang dimiliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)