Manfaat Bit untuk Diabetes, Kaya Antioksidan yang Mengurangi Komplikasi

Kamis, 08 Februari 2024 - 10:35 WIB
loading...
Manfaat Bit untuk Diabetes, Kaya Antioksidan yang Mengurangi Komplikasi
Bit dinilai memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya membantu mengatur kadar gula darah. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA – Bit dinilai memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dinilai dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Dalam kearifan kuliner yang diwariskan dari generasi ke generasi, seringkali terdapat satu atau dua wawasan gizi yang terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan.



Contohnya adalah bit, yang dinilai memiliki khasiat yang dapat membantu mengendalikan diabetes . Sebagai pendukung pengobatan alami, bit sebagai bahan yang membantu melindungi diri dari diabetes.

Dilansir healtshots, bit adalah sayuran akar sederhana yang tidak hanya menambahkan rasa alami pada masakan, juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ahli gizi Neha Ranglani mengatakan banyaknya manfaat bit untuk diabetes .

Manfaat bit untuk diabetes

1. Indeks glikemik rendah

Makanan rendah glisemik adalah makanan yang memiliki dampak minimal terhadap kadar gula darah bila dikonsumsi. Bit memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga berdampak ringan pada kadar gula darah Anda, kata Ranglani. Orang harus mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah karena menyebabkan peningkatan gula darah lebih lambat dan bertahap.

2. Kaya antioksidan

Peningkatan kadar antioksidan membantu mengurangi komplikasi diabetes, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. Bit adalah sumber antioksidan yang baik, seperti betalain, yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi dan anti-oksidatif. Ini akan membantu mengurangi peradangan kronis dan mengurangi stres oksidatif.

3. Kaya serat

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), serat adalah teman Anda yang membantu mengatur berat badan dan kadar gula darah Anda. Bit merupakan sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Hal ini dapat berkontribusi pada pengendalian gula darah yang lebih baik.

Berapa banyak buah bit yang harus dikonsumsi setiap hari?

Meskipun bit bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet Anda, Anda harus memakannya dalam jumlah sedang untuk menghindari komplikasi. Ahli gizi Ranglani merekomendasikan untuk memasukkan jumlah sedang, seperti setengah cangkir hingga satu cangkir bit matang atau mentah per porsi ke dalam makanan.

Namun, dia juga memperingatkan bahwa tidak ada rekomendasi yang bisa diterapkan untuk semua orang. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan bit ke dalam makanan Anda.

Berikut beberapa cara memasukkan bit ke dalam makanan, seperti yang direkomendasikan oleh ahli gizi:

1. Mentah atau dikukus: Mengonsumsi bit dalam bentuk mentah atau dikukus ringan akan menjaga nutrisinya. Anda bisa memarut bit mentah ke dalam salad atau mengukusnya sebagai lauk.



2. Sup atau semur: Tambahkan bit ke dalam sup atau semur Anda untuk menambah nutrisi. Menggabungkannya dengan sayuran non-tepung lainnya dan protein tanpa lemak dapat menghasilkan makanan yang seimbang.

3. Dipanggang: Memanggang atau memanggang buah bit dapat meningkatkan rasanya tanpa menambah kalori berlebihan. Anda bisa memadukannya dengan sayuran non-tepung lainnya untuk menghasilkan hidangan yang penuh warna dan bergizi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)