5 Sumber Gula dalam Makanan yang Tak Disadari Bikin Bobot Naik

loading...
5 Sumber Gula dalam Makanan yang Tak Disadari Bikin Bobot Naik
Meskipun Anda memilih jus karena beberapa alasan, pastikan jus tersebut baru diperas. Foto Ilustrasi/Press Association/Anthony Devlin
A+ A-
JAKARTA - Penurunan berat badan adalah proses panjang dan melelahkan yang membutuhkan banyak tekad serta kemauan, terlepas dari olahraga teratur ataupun diet sehat. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh cenderung melambat, dan sering kali karena perubahan gaya hidup, seseorang mulai menambah berat badan.

Pada tahap kehidupan ini, beberapa kebiasaan yang telah kita peroleh selama bertahun-tahun dalam hidup mulai terbukti berbahaya. Salah satu kebiasaan tersebut adalah konsumsi gula, terutama dalam bentuk yang tidak disadari. (Baca Juga: Diet Happy dengan D8 Bisa Turun 8 Kg dalam Sebulan)

Gula merupakan komponen makanan yang sangat penting. Banyak makanan mengandung karbohidrat, yang mungkin mengandung gula atau tidak. Namun, tambahan gula adalah penyebab yang jelas dalam hal penambahan berat badan.

Mengutip laman Times Now News, berikut lima sumber gula dalam makanan yang mungkin tidak Anda sadari dan menjadi penyebab kenaikan berat badan yang tak diinginkan.



1. Saus Tomat
Jika Anda salah satu orang yang suka sarapan dengan menu sehat seperti oats cheela atau telur dadar dan bertanya-tanya mengapa berat badan bertambah, maka periksa apa yang Anda makan. Saus tomat yang menambahkan rasa pada makanan Anda, dapat mengandung hingga 22 gram gula per 100 gram produk.

2. Yogurt Buah
Berbagai merek dan perusahaan menjual yogurt buah atau yogurt berasa, dan Anda telah membelinya untuk makanan ringan siang atau malam. Namun, 100 gram yogurt dapat mengandung hingga 14 gram gula tambahan yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

3. Jus Buah
Perdebatan antara membuat jus dan mencampurkannya sudah berlangsung lama, tetapi masalah jus buah yang dibeli di toko, dikemas, serta diawetkan jelas bukan ekstrak buah asli. Melainkan hanya rasa buah dengan banyak gula tambahan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, hindari jus dan makanlah buah utuh sebagai ganti. Meskipun Anda memilih jus karena beberapa alasan, pastikan jus tersebut baru diperas dan tidak dibeli di toko.



4. Susu
Susu mengandung gula alami berupa laktosa. Meski masih menjadi sumber gula alami dan tidak membahayakan tubuh, penting untuk mengetahui sumber gula dalam menu makanan agar rutin memeriksanya. 100 gram susu mengandung 5 gram gula. (Baca Juga: Kemenkes: Daun Kelor Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi)

5. Kerupuk
Banyak orang mengonsumsi kerupuk sebagai sumber serat dan untuk pola makan yang sehat. Namun, yang tidak disadari orang adalah, kerupuk juga bisa menjadi sumber tambahan gula. Dalam 100 gram kerupuk bisa mengandung sekitar 7-9 gram gula.

Pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Anda harus mencoba memasukkan sebanyak mungkin makanan utuh ke dalam menu diet, dan menghindari penggunaan makanan yang dibeli di toko, instan, atau makanan olahan karena jenis makanan tersebut dapat mengandung gula dalam jumlah tinggi.
(tsa)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top