Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari? Ketahui Batasannya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 13:00 WIB
loading...
Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari? Ketahui Batasannya
Makan telur setiap hari umumnya aman dan bahkan bisa bermanfaat bagi kesehatan bagi sebagian orang, terutama jika dimasak dengan cara yang sehat. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Makan telur setiap hari umumnya aman dan bahkan bisa bermanfaat bagi kesehatan bagi sebagian orang, terutama jika dimasak dengan cara yang sehat. Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, riboflavin, selenium, dan zat besi.

Karena banyaknya manfaat yang dimilikinya, tidak masalah jika Anda makan telur setiap hari, termasuk kuningnya jika Anda tidak menderita penyakit kardiovaskular dan memiliki kadar kolesterol yang sehat. Atau Anda bisa mencampurkan dua putih telur dengan setiap kuning telur untuk menambah protein.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum makan telur setiap hari. Salah satunya adalah kadar kolesterol. Ini karena telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, terutama dalam kuning telur.

Dilansir dari Times of India, Sabtu (10/2/2024) bagi sebagian orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti kolesterol tinggi atau risiko penyakit jantung, konsumsi telur dalam jumlah besar mungkin perlu dibatasi.



Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari? Ketahui Batasannya

Foto/Infografis SINDOnews

Perhatikan juga cara memasak telur. Cara memasak telur dapat memengaruhi kesehatannya. Telur yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus lebih sehat daripada telur yang digoreng atau digoreng dalam minyak berlebih.

Selain itu, penting untuk memperhatikan variasi dalam pola makan Anda dan tidak hanya bergantung pada satu jenis makanan. Meskipun telur merupakan sumber protein yang bagus, tetapi memasukkan berbagai jenis protein nabati dan hewani lainnya juga penting untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang.

Di sisi lain, beberapa orang mungkin memiliki alergi telur atau intoleransi terhadap protein telur. Jika Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, ruam, atau gangguan pencernaan setelah mengonsumsi telur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sementara itu, jika Anda memiliki penyakit kardiovaskular atau kadar kolesterol tinggi, disarankan membatasi konsumsi telur hanya tiga hingga empat butir telur utuh per minggu. Aturan ini juga baik bagi siapa saja yang ingin mengonsumsi lebih dari satu butir telur dalam satu waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2974 seconds (0.1#10.140)