5 Cara Menanamkan Pendidikan Seks pada Anak, Jangan Menghakimi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 22:43 WIB
loading...
5 Cara Menanamkan Pendidikan Seks pada Anak, Jangan Menghakimi
Penting untuk menanamkan sikap positif terhadap seks pada anak Anda. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Penting untuk menanamkan sikap positif terhadap seks pada anak Anda. Namun, jika Anda bertanya-tanya menjadi orang tua yang positif terhadap seks, ada cara yang bisa dilakukan dan telah disepakati para ahli.

Memang benar, perbincangan tentang seks masih dirahasiakan dan sarat dengan stigma, namun menerapkan pendekatan positif seks sebagai orang tua menjadi alat penting untuk membentuk masa depan anak.



Dengan begitu, banyaknya istilah seksualitas yang dilontarkan, menjadi orang tua yang positif terhadap seks dan mengajari anak-anak bagaimana menjadi positif terhadap seks menjadi semakin penting.

Bagi mereka yang belum paham, sex positivity atau kepositifan seks adalah cara hidup yang mementingkan kesenangan dan kebebasan, bukan rasa malu dan penilaian.

Secara sederhana, sex positivity adalah meyakini bahwa seks adalah hal positif dalam kehidupan seseorang.

“Sex positivity adalah cara anak-anak dibesarkan dengan pengetahuan yang sesuai dengan usia dan memadai tentang orientasi mereka, dan konsep seks. Hal ini mencakup berbagi pengetahuan mengenai organ seks, pentingnya hubungan yang sehat, semuanya bertujuan agar mereka mengetahui secara positif tentang seksualitas,” kata Psikiater Dr Sanjay Kumavat dikutip healthshots.

Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk “berbicara” dengan anak Anda. Namun, penting untuk diketahui bahwa Anda tidak boleh menghindari pembicaraan tentang seksualitas dengan anak Anda. Ini penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan. Agar orang tua menjadi positif terhadap seks, mereka harus merasa nyaman dan memiliki pemahaman yang jelas tentang apa arti seksualitas.

“Orang tua yang positif seks tidak malu membicarakan seksualitas secara terbuka dan memadai. Cukuplah kata yang saya tekankan, karena tidak boleh terlalu banyak atau kurang, dan mereka tidak boleh malu untuk mengkomunikasikan permasalahan tersebut. Mereka harus mulai berbicara segera setelah anak mulai mengembangkan karakter seksual sekunder, dan ketika mereka melihat bahwa anak tersebut menunjukkan minat pada seksualitas, seperti menunjukkan minat pada hubungan dan persahabatan lintas gender,” tutur Dr Kumavat.

Tips Menanamkan Pendidikan Seks pada Anak

1. Lakukan komunikasi terbuka

Hal pertama adalah bersikap terbuka kepada anak-anak Anda dengan mengomunikasikan ide dan pemikiran Anda secara jelas. Bersikaplah sangat terbuka dan selalu perhatikan tanda-tanda bahwa anak Anda menunjukkan minat terhadap seksualitas.

2. Jangan menghakimi

Orang tua tidak boleh menekan anak. Jika mereka mengajukan pertanyaan kepada Anda, bersikaplah terbuka untuk menghilangkan keraguan mereka. Bahkan jika orang tua menganggap pertanyaan tersebut bodoh atau memerlukan terlalu banyak berbagi informasi, keraguan tersebut tidak boleh diredam. Tetap berkomunikasi dengan anak-anak dan berikan mereka informasi yang memadai dengan menyelesaikan pertanyaan mereka dan menghindari membentak mereka, saran sang ahli.

3. Ajari mereka tentang persetujuan dan seks yang aman

Sadarkan mereka tentang kewaspadaan terhadap seksualitas, dan tindakan pencegahan yang harus diambil. Bicaralah dengan mereka khususnya tentang seksualitas di bawah pengaruh obat-obatan dan alkohol, atau seksualitas yang melampaui batas, yang tidak sesuai dengan usia. Bicarakan tentang sentuhan yang pantas, dan bagaimana hal itu seharusnya menjadi tindakan rasa hormat dan kasih sayang.

4. Waspada

Dengan banyaknya informasi yang tersedia, dapat membingungkan anak-anak untuk mengetahui informasi apa yang harus mereka konsumsi atau hindari. Salah satu pengaruh terbesar pada anak-anak saat ini adalah media sosial. Pastikan Anda mengetahui jenis informasi yang dikonsumsi anak Anda melalui platform ini. Beri mereka beberapa panduan tentang masalah apa yang ada dalam mempercayai hal-hal di situs ini, dan informasi salah yang dibagikan, saran Dr Kumavat.


5. Batasi akses internet, tapi jangan menghakimi

Penting untuk membantu anak Anda memahami cara membedakan yang benar dari yang salah. Anda harus memastikan anak-anak Anda tidak terpikat atau kecanduan pada situs-situs tertentu yang tidak pantas. Keterbukaan dan kehati-hatian seperti itu juga harus ada diperlukan. Jangan memberikan terlalu banyak akses ke Internet – hal tersebut harus diawasi dan pendekatan yang bijaksana harus diambil ketika memberikan akses internet, kata psikiater tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)