Bolehkan Mandi Malam? Begini Penjelasan Ahli

Minggu, 11 Februari 2024 - 22:37 WIB
loading...
Bolehkan Mandi Malam? Begini Penjelasan Ahli
Kebiasaan mandi malam sering dikaitkan dengan beberapa mitos kesehatan, seperti rematik. Foto/ wp
A A A
JAKARTA – Kebiasaan mandi malam sering dikaitkan dengan beberapa mitos kesehatan. Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa mandi malam menjadi salah satu pemicu tubuh mendapatkan banyak permasalahan kesehatan.

Menurut Healthy Educator, Rizal Do mengatakan bahwa mandi malam memiliki banyak manfaat. Dari beberapa penelitian, dia menyebutkan bahwa mandi air hangat sebelum tidur bisa bikin tidur lebih nyenyak dan cepat terlelap, walau sebenarnya tidak semua penelitian sepakat.



“Mandi air hangat sebelum tidur tuh punya beberapa benefit misalnya bikin cepat tidur, ngurangin bangun tengah malam, ningkatin waktu tidur total, dan ningkatin kualitas tidur,” tulis Riza Do, dikutip dalam akun X miliknya @afrkml, Minggu (11/2/2024).

Penelitian lain juga menemukan bahwa waktu mandi juga berpengaruh terhadap aktivitas seseorang. Misalnya, mandi di waktu terlalu pagi atau terlalu malam, bisa memicu seseorang merasa ngantuk, tapi tidak terlalu efektif untuk membuatnya merasa ingin lebih cepat tidur.

Hal ini akan menyebabkan seseorang lebih mudah merasa badan capek, kepala pusing dan dipaksa untuk tidur pun sulit, di mana hanya membuatnya semakin stres.

“Kalau mandinya kepagian atau terlalu malam misal lebih dari dua jam sebelum tidur, bisa bikin ngantuk tapi gak terlalu efektif buat bikin cepat tidur,” ucapnya.

Oleh karena itu, Rizal Do menyarankan agar seseorang mandi tidak terlalu lama, maksimal 10 menit. Alasannya, selain agar terhindar dari masuk angin, juga membantu Anda mendapatkan tidur lebih nyenyak.



Lebih lanjut, Rizal Do juga mengatakan pada seseorang yang tidak memiliki risiko masalah kesehatan , seperti rematik atau sebagainya.

“Buat orang sehat yang gak punya risiko masalah kesehatan muskuloskeletal mah gak akan ngefek apa-apa mandi malam tuh, gak bakal rematik kok,” tutur Rizal Do.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)