6 Manfaat Bangun Pagi, Salah Satunya Menurunkan Stres

Minggu, 18 Februari 2024 - 04:43 WIB
loading...
6 Manfaat Bangun Pagi, Salah Satunya Menurunkan Stres
Ada banyak manfaat bagi Anda yang bangun pagi. Salah satunya mengatasi stres. Foto/ freepik
A A A
JAKARATA - Apakah Anda termasuk orang yang bangun pagi atau justru tidur jelang pagi hari? Ya, orang yang suka bangun pagi dapat memberi banyak waktu untuk duduk dan makan dengan benar, berlari atau melakukan yoga agar tetap bugar, serta melakukan pekerjaan rumah tangga.

Orang yang bangun pagi saat matahari terbit juga mendapatkan lebih banyak paparan vitamin D melalui sinar matahari, yang penting untuk kesehatan. Mereka yang bangun pagi juga disebut early bird.



Menjadi early bird memberikan ruang untuk persiapan agar tetap lebih tenang di bawah tekanan. Orang yang bangun pagi sering kali terbangun sekitar atau sebelum matahari terbit tanpa jam alarm, segar dan siap memulai hari. Mereka cenderung paling produktif di pagi hari dan mereka memanfaatkan puncak suasana hati yang ceria dan ketajaman mental untuk menangani tugas-tugas penting.

Sementara, orang yang suka tidur larut malam melawan ritme alami, menambah utang tidur, membuat keputusan diet yang buruk di malam hari, kehilangan paparan sinar matahari di pagi hari, yang mengakibatkan kesehatan yang lebih buruk seiring berjalannya waktu dibandingkan orang yang suka bangun pagi.

Pada dasarnya, menjadi orang yang lebih awal mengarah pada pilihan gaya hidup dan sinkronisasi tubuh yang terkait dengan kebugaran dan kesejahteraan yang lebih baik, kata sang ahli.

Ada banyak manfaat kesehatan dari menjadi early bird. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan serta menurunkan risiko depresi dan skizofrenia, menurut sebuah penelitian pada 2019 yang diterbitkan di Nature Communications. Berikut beberapa manfaat kesehatan mental dari bangun pagi, dikutip healthshits.

Manfaat bangun pagi

1. Menurunkan tingkat stres
Orang yang bangun pagi cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah secara keseluruhan dan kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan. Bangun sebelum tekanan yang biasa terjadi di pagi hari di hari kerja memberikan waktu bagi para pekerja awal untuk melakukan rutinitas yang berpusat pada diri sendiri, yang mencegah lonjakan kecemasan di kemudian hari, kata sang ahli.

2. Optimisme meningkat
Early bird sering kali mengungkapkan perasaan harapan dan motivasi untuk mencapai tujuan di pagi hari. Mereka mungkin merasa lebih bisa mengendalikan diri dengan menghadapi tugas secara langsung dibandingkan merasa khawatir secara berlebihan. Matahari terbit melambangkan awal yang baru dan juga dapat membantu dalam memiliki pola pikir optimistis.

3. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Pagi hari adalah waktu puncak kinerja dengan sirkulasi alami dan perubahan hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Early bird memanfaatkan jendela jernih ini untuk mendapatkan waktu kerja yang efisien dan bebas gangguan sebelum kelelahan mental mulai terjadi.

4. Meningkatkan kreativitas
Early bird mungkin membuat lebih banyak koneksi mental untuk menghasilkan ide-ide kreatif di pagi hari. Seiring dengan fokus yang lebih tajam, keterampilan pemecahan masalah juga mungkin mengalami peningkatan jika mereka yang bangun pagi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)