Usung Semangat Kebersamaan, Festival Imlek dan Cap Go Meh 2575 Digelar di Tabanan untuk Pertama Kali

Senin, 19 Februari 2024 - 18:30 WIB
loading...
Usung Semangat Kebersamaan, Festival Imlek dan Cap Go Meh 2575 Digelar di Tabanan untuk Pertama Kali
Parade Nusantara Festival yang digelar untuk merayakan Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh tahun 2575 pada Minggu (18/2/2024) mendapat antusiasme luar biasa dari masyarakat Tabanan, Bali. Foto/Istimewa
A A A
TABANAN - Parade Nusantara Festival yang digelar untuk merayakan Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh tahun 2575 pada Minggu (18/2/2024) mendapat antusiasme luar biasa dari masyarakat Tabanan, Bali. Kegiatan yang melibatkan berbagai suku dan etnis itu dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya,S.E.,M.M, didampingi oleh seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Parade dimulai dari Vihara Dharma Chattra menuju Jalan Gajah Mada dan diakhiri di Taman Bung Karno Tabanan.

Meskipun parade ini baru pertama kali digelar di Provinsi Bali, namun kontribusi serta solidaritas dari seluruh pejabat daerah dan masyarakat sangat terlihat.

“Kita bisa lihat pada hari ini, semua saudara Tionghoa kita tersenyum dan tertawa gembira bisa merayakan hari raya dengan penuh suka cita. Demikian juga nantinya jika ada perayaan budaya dari etnis maupun komunitas lain, kami tentu akan sangat terbuka. Sungguh sangat luar biasa," kata Bupati I Komang Gede Sanjaya.

Bagi Sanjaya, spirit yang dibangun oleh pemerintah daerah di Era Jaya-Wira ini adalah spirit penghargaan terhadap keberagaman, di mana perbedaan yang dimiliki merupakan sebuah berkah, keberagaman, dan keniscayaan.

Untuk itu, Bupati Sanjaya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membangun kesadaran kemanusiaan. Tinggalkan pikiran-pikiran sempit berbasis etnis, suku dan agama, selagi lahir dan hidup di tanah Tabanan.

“Ayo jadikan Kota Tabanan rumah besar kita. Bangun rumah ini dengan pondasi kebersamaan dan spirit jele melah, nyame gelah. Di mana kaki dipijak, di situ langit dijunjung. Di mana pun kita, harus kita bersatu padu membangun Tabanan yang kita cintai,” tuturnya penuh semangat.

Adapun kemeriahan parade yang dimulai sore hari itu dipandu oleh murid-murid Tong Sam Cong, dihiasi dengan berbagai iringan drumband, barisan dewi, penari sugriwa, barongsai dan naga/liong, barong bangkung, pertunjukan wushu, pasukan tombak, parade cece dan koko, adrah, parade cheongsam, hingga kuda lumping.

Ragam hiburan juga tak kalah ramai, seperti kolaborasi pertunjukan barongsai, barong bangkung, kuda lumping dan tombak heidung/sumba, penampilan angklung, tari toraroret, tari dinding pemisah, adrah, wushu genta dewata, pertunjukkan lagu solo, line dance, pertunjukan mandolin, lagu Mandarin hingga tarian kreasi Bali.

Tak ketinggalan, festival juga dilengkapi dengan hidangan lontong Cap Go Meh sebanyak 2.000 porsi yang melambangkan kebersamaan.

Di kesempatan itu, Ferijanto Chonie selaku Ketua Indonesia Tionghoa (INTI) PC Tabanan menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan support yang terus diberikan pemerintah Tabanan dalam pelaksanaan kegiatan.

“Rasa bangga dan terharu warga Tionghoa pada hari yang bersejarah ini bisa melaksanakan festival Imlek dan Cap Go Meh untuk pertama kali di Kota Tabanan. Berkat dukungan pemerintah daerah dan jajaran serta seluruh masyarakat yang cinta damai," kata Ferijanto Chonie.

"Mimpi kami mengadakan acara ini bisa terlaksana dengan baik dan rahayu, luar biasa. Ribuan lampion yang berwarna merah menghiasi Kota Tabanan, mencerminkan penerangan, keindahan, kemakmuran, dan kebahagian. Demikian juga pintu gerbang yang berdiri kokoh menyambut warga Tabanan menuju kemakmuran," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)