Waspadai Penggunaan Produk Wewangian pada Bayi

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 10:30 WIB
Waspadai Penggunaan Produk Wewangian pada Bayi
Waspadai Penggunaan Produk Wewangian pada Bayi
A A A
JAKARTA - Pastikan Anda berhati-hati saat menggunakan wewangian, seperti parfum atau cologne pada bayi. Meski membuat bayi memiliki aroma yang harum dan membuatnya menjadi lebih menggemaskan, namun tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Dokter spesialis anak Brawijaya Hospital & Clinic, dr. Natia Anjasari, SpA mengatakan ada bahaya mengintai dari produk yang menempel pada kulit bayi. Bahkan ada kasus produk bayi seperti, baby oil dapat memicu bayi alergi hingga seluruh tubuh.

"Produk apapun yang menempel di kulit bayi harus hati-hati. Ada kasus bayi baru lahir dikasih baby oil ada yang alergi seluruh badan. Tapi kondisi setiap anak berbeda, ada yang alergi ada yang tidak," kata dr. Natia di Jakarta.

"Yang boleh diaper cream, itu pun dilipatan paha dan pantat saja. Tidak boleh dimasukkan (ke dalam alat kelamin), bisa jadi jamur," tambahnya.

Pada usia satu bulan pertama, dr. Natia menyarankan para ibu untuk tidak memberikan berbagai produk apapun kepada bayi. Namun, jika tetap ingin memberikan wewangian, usahakan saat usia bayi sudah melewati satu bulan dan tidak langsung menyentuh kulitnya.

"Sebuan pertama tidak usah dimacem-macemin. Wewangian taruh di bajunya jangam dikulit. Itu juga setelah usia satu bulan. Saya juga tidak menyarankan pemakaian bedak diseluruh tubuh apalagi area kemaluan. Sebaiknya gunakan pada area kaki saja atau area tertentu saja," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3379 seconds (0.1#10.140)