3 Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi

Kamis, 29 Februari 2024 - 06:00 WIB
loading...
3 Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi
Beberapa vitamin tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi karena kesehatan. Ini karena kopi mengandung kafein, yang dapat mempengaruhi penyerapan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Beberapa vitamin tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi karena alasan kesehatan. Ini karena kopi mengandung kafein, yang dapat mempengaruhi penyerapan beberapa vitamin dan mineral dalam tubuh.

Beberapa vitamin dan mineral tertentu mungkin terpengaruh oleh kafein dalam kopi . Meskipun demikian, dalam kebanyakan kasus, mengonsumsi kopi dengan vitamin tidak akan memiliki dampak signifikan jika konsumsi kopi dalam jumlah moderat.

"Yang pertama adalah vitamin D karena menurut penelitian konsumsi vitamin D bersamaan dengan kopi dapat mengganggu penyerapannya di dalam usus," kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (29/2/2024).



3 Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi

Foto/Infografis SINDOnews

"Yang kedua adalah vitamin B. Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air. Sedangkan kopi sifatnya menarik air sehingga banyak vitamin B yang dapat terbuang ketika bersamaan dengan minum kopi," sambungnya.

Terakhir adalah magnesium. Magnesium biasanya diminum di malam hari untuk membantu optimalkan tidur. Sehingga tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan kopi lantaran akan memengaruhi kualitas tidur.

"Jadi ya emang jangan digabung sama kopi ya. 'Terus gimana dong dok? Kan saya biasanya bangun pagi langsung minum kopi, terus nggak lama harus minum vitamin'," jelasnya.



Di sisi lain, jika Anda memiliki kebutuhan tertentu akan vitamin, atau jika khawatir tentang penyerapan nutrisi yang optimal, dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi kopi secara terpisah dari waktu konsumsi suplemen atau makanan kaya nutrisi.

"Idealnya sih kita minum vitamin dulu, jeda sejam baru kita ngopi," pungkasnya.

Sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter Anda untuk rekomendasi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)