7 Buah Tinggi Karbohidrat dan Manfaat yang Dimilikinya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:11 WIB
loading...
7 Buah Tinggi Karbohidrat dan Manfaat yang Dimilikinya
Buah tinggi karbohidrat bisa menjadi asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buah tinggi karbohidrat bisa menjadi asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga asupan karbo sehari-hari tidak hanya disuplai oleh nasi ataupun roti saja.

Karbohidrat merupakan jenis nutrisi makro yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk menjadi sumber energi utama dan berperan dalam pengaturan kadar gula darah serta insulin.

Selain menjadi sumber karbohidrat, buah juga menawarkan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.


7 Buah Tinggi Karbohidrat

1. Nangka

Menurut laman Kemenkes Alodokter, nangka mengandung karbohidrat sebanyak 27,6 gram di dalam 100 gramnya. Selain tinggi karbohidrat, salah satu buah tropis ini juga mengandung kalium dan tembaga yang bagus untuk memperkuat tulang.

Nangka memiliki berbagai manfaat seperti menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel, menjaga kesehatan kulit, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

2. Nanas

Dilansir dari Women's Health Magazine, terdapat hampir 22 gram karbohidrat dalam satu cangkir nanas. Buah ini juga menawarkan banyak manfaat dan nutrisi, salah satunya adalah kaya akan vitamin C.

Nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, meningkatkan kesuburan, menurunkan risiko kanker, hingga mencegah penyakit kardiovaskular dengan mengontrol tekanan darah.

3. Mangga

Selain kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, mangga juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Dalam satu buah mangga berukuran sedang terkandung sekitar 25 gram karbohidrat. Manfaat buah ini antara lain, menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga mencegah anemia.

4. Pisang

Pisang memang kerap dijadikan buah pengganti nasi untuk pemenuhan karbohidrat. Terdapat sekitar 23 gram karbohidrat dalam satu buah pisang.

Selain jadi sumber karbohidrat, buah ini juga kaya akan vitamin A. Manfaat mengkonsumsi buah ini antara lain, meningkatkan sistem imun, mengatasi anemia, menyehatkan tulang, hingga menurunkan berat badan.


5. Apel

Dalam 1 buah apel berukuran sedang atau setara dengan 100 gram, terkandung sekitar 28 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, buah apel juga kaya akan nutrisi lain, seperti serat, protein, kalium, serta vitamin A dan vitamin C.

Buah yang kaya vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang dan saluran pernafasan.

6. Kismis

Buah anggur yang dikeringkan ini juga termasuk buah tinggi karbohidrat. Dengan 34 gram karbohidrat dalam satu kotak kecil ini dapat memberi energi yang cukup untuk seseorang memulai harinya di pagi hari.

Terlebih, kismis juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah anemia, mencegah osteoporosis, hingga menyehatkan jantung.

7. Durian

Terakhir, ada durian yang punya kandungan karbohidrat mencapai 28 gram dalam 100 gram-nya. Raja Buah ini juga mengandung fosfor, kalium, beta karoten, niacin, dan vitamin C yang melimpah.

Buah satu ini bagus untuk menangkal depresi, memperkuat tulang dan gigi, meremajakan kulit, hingga menstabilkan kadar gula dalam darah.

Itulah tujuh buah yang tinggi karbohidrat, sehingga bisa dijadikan pengganti nasi jika lapar. Terlebih beberapa buah ini juga memiliki segudang manfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)