Waspada Sering Menahan Kencing Bisa Bikin Ginjal Rusak

Selasa, 05 Maret 2024 - 21:30 WIB
loading...
Waspada Sering Menahan Kencing Bisa Bikin Ginjal Rusak
Sering menahan kencing bisa menyebabkan ginjal rusak. Ini karena kebiasaan buruk tersebut tanpa disadari bisa memberikan tekanan tambahan pada ginjal. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Sering menahan kencing bisa menyebabkan ginjal rusak . Ini karena kebiasaan buruk tersebut tanpa disadari bisa memberikan tekanan tambahan pada ginjal.

Namun, sering menahan kencing tidak secara langsung akan merusak ginjal secara permanen. Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak menyarankan untuk menghindari kebiasaan ini mulai sekarang.

"Stop kebiasaan ini biar ginjal kamu nggak cepat rusak, yaitu menahan kencing. Benar banget nih kalau kamu sering menahan kencing, please stop dari sekarang," kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Selasa (5/3/2024).

"Karena ini akan menyebabkan aliran urine yang tadinya harus bisa keluar tertahan di kandung kemih dan akhirnya bisa naik lagi ke ginjal," sambungnya.



Di sisi lain, di dalam urine, dijelaskan dr Kevin mengandung banyak sampah. Di mana zat berbahaya itu dapat menyebabkan kerusakan ginjal dalam jangka panjang jika menahan kencing menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan terus-menerus.

"Di dalam urine atau air kencing mengandung banyak sekali sampah atau zat toksik di mana ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal dalam jangka panjang dan baiknya kamu hindari," jelasnya.

Risiko Menahan Kencing



Selain itu, tindakan menahan kencing secara terus-menerus dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem kemih dan ginjal.

1. Infeksi Saluran Kemih


Menahan kencing dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dalam kandung kemih, meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil terus-menerus, atau demam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)