Jus Bayam Bisa Sebabkan Batu Ginjal, Mitos atau Fakta?

Jum'at, 08 Maret 2024 - 08:03 WIB
loading...
Jus Bayam Bisa Sebabkan Batu Ginjal, Mitos atau Fakta?
Banyak yang percaya jus bayam bisa menyebabkan batu ginjal karena mengandung senyawa yang membahayakan. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau kaya nutrisi. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Banyak yang percaya jus bayam bisa menyebabkan batu ginjal karena mengandung senyawa yang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau kaya nutrisi, dikenal karena profil nutrisinya yang tinggi.

Dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting, bayam telah menjadi makanan populer dalam diet. Namun, terdapat kekhawatiran mengenai potensi hubungan antara konsumsi bayam dalam bentuk jus dan smoothie dengan perkembangan batu ginjal .

Dilansir dari Health Shots, Jumat (8/3/2024) Dr Dimple Jangda memperingatkan agar tidak mengonsumsi smoothie bayam dan jus bayam secara berlebihan. Ini karena dapat menyebabkan batu ginjal.

“Bayam mengandung banyak zat besi, tetapi juga mengandung senyawa yang disebut oksalat, yang sangat sulit diserap dan diasimilasi oleh tubuh. Oleh karena itu, ini menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal dan bahkan batu kandung empedu saat ini,” kata Dr Jangda.



“Satu gelas jus bayam atau smoothie bayam setara dengan delapan hingga 10 kali lipat senyawa oksalat yang dapat ditangani oleh tubuh Anda. Senyawa ini mengikat kalsium yang ada di tubuh Anda, mengakibatkan pembentukan batu kalsifikasi di ginjal dan kantung empedu," sambungnya.

Konsumsi bayam umumnya dianggap sebagai pilihan yang sehat karena banyaknya manfaat nutrisi. Namun karena kandungan oksalatnya, konsumsi berlebihan atau kondisi tertentu dapat menimbulkan potensi efek samping.

Efek Samping Makan Bayam



Berikut empat efek samping yang terkait dengan makan bayam.

1. Masalah Gastrointestinal


Bayam kaya akan serat, yang bermanfaat untuk pencernaan dalam jumlah sedang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)