Apakah Tidur setelah Makan Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Dokter

Jum'at, 08 Maret 2024 - 10:58 WIB
loading...
Apakah Tidur setelah Makan Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Dokter
Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur setelah makan bisa bikin gemuk secara langsung. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin berperan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur setelah makan bisa bikin gemuk secara langsung. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin berperan dalam kenaikan berat badan .

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Caleb Leonardo Halim, Sp.K.O mengatakan anggapan tidur setelah makan bisa bikin gemuk kurang tepat. Sebab, kebiasaan tersebut tidak menyebabkan penambahan berat badan.

“Habis makan langsung tidur bikin gemuk, pernah dengar nggak seperti ini? Jadi kalau habis makan, jangan tidur lo, nanti jadi lemak semua terus tambah gemuk,” kata dr. Caleb dikutip dari akun Instagram pribadinya, @doc.calebspko, Jumat (8/3/2024).

“Nah ini kurang tepat ya. Jadi mau habis makan langsung tidur pun tidak masalah. Gemuk atau nggak, bukan sekadar habis makan langsung tidur atau mageran aja,” sambungnya.



Alih-alih tidur setelah makan, dr. Caleb menjelaskan bahwa total kalori harian yang bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Namun, jika Anda melakukan defisit kalori, tidur setelah makan tidak akan membuat berat badan naik.

“Itu mah tergantung dari total kalori harian. Kalau terjadinya tetap defisit, ya nggak ada masalah. Tetap bisa turun berat badan. Ataupun kalau maintenance ya nggak naik-naik,” jelasnya.

Meski demikian, tidur setelah makan bisa memicu masalah kesehatan lainnya yang sering tidak disadari banyak orang.

Cuma masalahnya kalau habis makan langsung tidur atau mageran ada dua nih permasalahan medis lainnya. Yakni munculnya GERD dan menyebabkan gula darah tinggi, sehingga disarankan beraktivitas paling tidak 30-60 menit setelah makan.



“Yang pertama kalau kalian ada masalah GERD, maka habis makan itu nggak enak ya. Refluks akan rasanya heartburn karena makin naik. Jadi harus tunggu dulu sebentar supaya semakin turun,” ujarnya.

“Yang kedua kalau habis makan, kalian langsung duduk diam kemudian ataupun tidur ini bisa meningkatkan gula darah yang lebih tinggi. Dibandingkan kalau kalian habis makan tetap beraktivitas paling tidak 30-60 menit ini mampu menjaga kontrol gula darah lebih baik,” pungkasnya.

Namun, yang paling penting adalah menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan aktivitas fisik Anda. Tidur setelah makan tidak secara langsung menyebabkan gemuk, tetapi pola makan secara keseluruhan dan gaya hidup yang sehat akan berperan penting dalam menjaga berat badan yang sehat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)