Jadi Takjil Favorit Ramadan, Ini Perbedaan Es Buah dan Sop Buah

Sabtu, 09 Maret 2024 - 03:30 WIB
loading...
Jadi Takjil Favorit Ramadan, Ini Perbedaan Es Buah dan Sop Buah
Berburu takjil Ramadan menjadi kegiatan umum yang dilakukan masyarakat ketika ngabuburit. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Berburu takjil Ramadan menjadi kegiatan umum yang dilakukan masyarakat ketika ngabuburit. Dari sekian banyak menu, salah satu yang paling diincar adalah olahan dingin dan menyegarkan seperti es buah atau sop buah.

Secara umum, sebagian orang menganggap es buah dan sop buah adalah jenis menu yang sama. Anggapan tersebut kurang tepat. Meski sama-sama menggunakan buah dalam penyajiannya, ternyata keduanya memiliki perbedaan.

Lantas, apa saja perbedaan es buah dan sop buah? Berikut ulasannya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2024).


Perbedaan Takjil Ramadan Es Buah dan Sop Buah

1. Pengertian

Es buah menjadi salah satu menu yang banyak dijumpai saat bulan puasa. Minuman dingin dan manis ini terbuat dari kumpulan buah-buahan segar yang dipotong-potong.

Setelah itu, buah-buahan tadi dicampurkan dengan es batu dan sejumlah pemanis lain. Misalnya sirup atau gula cair.

Sedangkan sop buah adalah jenis sup yang menggunakan buah sebagai bahan utama. Disajikan saat dingin, biasanya olahan ini dilengkapi juga dengan pemanis seperti susu atau sirup.

2. Isian

Jika dicermati, isian sop buah umumnya hanya berisikan buah-buahan. Hal ini menjadi perbedaan utamanya dengan es buah.

Di sisi lain, es buah tak hanya berisikan buah-buahan. Biasanya penjual menambahkan isian lain seperti kolang-kaling hingga agar-agar.


3. Kuah

Perbedaan yang cukup sering dijumpai antara es buah dan sop buah terletak pada kuahnya. Tak hanya tekstur, namun warnanya juga cenderung berbeda.

Pada es buah, kuahnya tampak lebih bening. Hal ini karena kuah tersebut dibuat dari campuran air rebusan gula dengan tambahan pemanis seperti sirup.

Sementara untuk sop buah, jika diperhatikan kuahnya akan cenderung keruh dan lebih kental. Adapun alasannya karena kuah tersebut didapat dari jus buah atau yoghurt.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan es buah dan sop buah, takjil Ramadan populer yang selalu diburu menjelang magrib.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)