5 Tips Make Up untuk Pengguna Lensa Kontak

Kamis, 13 September 2018 - 15:34 WIB
5 Tips Make Up untuk Pengguna Lensa Kontak
5 Tips Make Up untuk Pengguna Lensa Kontak
A A A
JAKARTA - Penggunaan make up bagi wanita dengan lensa kontak tidaklah mudah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena bisa terjadi iritasi jika make up tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Belum lagi, kondisi mata yang mudah berair yang dapat menyebabkan riasan di area mata lebih cepat luntur.

Dikutip dari Sociolla, berikut tips make up untuk pengguna lensa kontak agar tampil sempurna dan terhindar dari iritasi yang dapat Anda contek.

1. Utamakan kebersihan
Jari, make up tools, produk make up hingga lensa kontak merupakan hal-hal yang harus dijaga kebersihannya guna menghindari terjadinya iritasi mata. Baik dari debu maupun sisa produk skin care.

Pastikan jari tangan Anda bersih sebelum mengaplikasikan lensa kontak. Perhatikan kebersihan produk make up dan kuas yang digunakan. Pastikan juga menjaga kebersihan lensa kontak dengan baik dan menyimpannya di tempat yang terbebas dari debu.

2. Hindari produk bersifat oil based
Produk make up yang memiliki sifat oil based sebaiknya dihindari oleh pengguna lensa kontak. Minyak dalam make up bertekstur krim biasanya cenderung licin sehingga kemungkinan luntur dan masuk ke dalam mata pun cukup besar. Sebenarnya, kandungan minyak dalam kosmetik cenderung aman. Namun, jika terkena lensa kontak, penglihatan akan terganggu.

3. Pilih maskara dan eyeliner yang tidak flaky
Pilih maskara yang tidak memiliki formula clumpy atau yang memiliki kandungan fiber lantaran keduanya mudah rontok, masuk ke dalam mata dan berisiko terjebak di bawah lensa kontak. Serupa dengan maskara, ada juga beberapa jenis eyeliner yang mudah terkelupas saat terhapus. Serpihan eyeliner ini juga berisiko masuk ke dalam mata dan memicu iritasi.

4. Gunakan make up brush berkualitas
Dalam memilih make up brush, khususnya yang digunakan pada area mata, tentu perlu selektif. Kuas harus memiliki tekstur bulu yang sangat lembut guna mencegah gesekan berlebih pada kulit. Selanjutnya, pilih kuas dengan bulu yang tidak gampang rontok karena bulu kuas yang rontok dapat terjebak di bawah lensa kontak dan meyebabkan infeksi. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan makeup brush Anda.

5. Ketahui urutan memakai dan melepas lensa kontak
Untuk pemakaian, gunakanlah lensa kontak sebelum Anda menggunakan make up. Hal ini bertujuan untuk mencegah partikel kecil dari make up terjebak di bawah lensa kontak. Sedangkan untuk melepaskannya, sebaiknya lepas lensa kontak terlebih dahulu sebelum menghapus make up. Make up remover yang masuk ke mata berisiko mengontaminasi lensa kontak. Selain itu, gosokan pada area mata juga bisa menyebabkan lensa kontak mengalami kerusakan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4891 seconds (0.1#10.140)