Mengapa Alkohol Bisa Menyebabkan Kebutaan Seperti yang Dialami Kurnia Meiga?

Senin, 11 Maret 2024 - 14:10 WIB
loading...
Mengapa Alkohol Bisa Menyebabkan Kebutaan Seperti yang Dialami Kurnia Meiga?
Alkohol bisa menyebabkan kebutaan seperti yang dialami mantan kiper Timnas, Kurnia Meiga. Meski demikian, alkohol tidak secara langsung menyebabkan kebutaan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Alkohol bisa menyebabkan kebutaan seperti yang dialami oleh mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga . Meski demikian, alkohol tidak secara langsung menyebabkan kebutaan.

Namun, konsumsi alkohol yang berlebihan atau kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi penglihatan. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan seperti yang dialami Kurnia Meiga .

Penting untuk diingat bahwa dampak alkohol pada kesehatan mata dapat bervariasi tergantung pada faktor seperti jumlah alkohol yang dikonsumsi, frekuensi konsumsi, dan faktor-faktor kesehatan lainnya.

Mengapa Alkohol Bisa Meyebabkan Kebutaan?



Berikut cara alkohol menyebabkan kebutaan dilansir dari Health Line, Senin (11/3/2024).



1. Neuropati Optik Alkoholik


Neuropati optik alkoholik adalah kondisi yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf optik yang mengirimkan sinyal visual dari mata ke otak. Konsumsi alkohol yang berlebihan atau kronis dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

2. Defisiensi Nutrisi


Kecanduan alkohol seringkali menyebabkan pola makan yang buruk, yang dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, yang penting untuk kesehatan mata. Defisiensi nutrisi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan mata dan meningkatkan risiko terkena penyakit mata.

3. Degenerasi Makula


Konsumsi alkohol yang berlebihan juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena degenerasi makula, sebuah kondisi yang menyebabkan kerusakan pada bagian tengah retina. Degenerasi makula dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat dan pada akhirnya kebutaan.



4. Katarak dan Galaukoma


Selain neuropati optik dan degenerasi makula, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit mata lainnya seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

Mengurangi konsumsi alkohol atau menghentikannya sepenuhnya dapat membantu mengurangi risiko terkena masalah mata yang terkait dengan alkohol. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mata atau kebiasaan konsumsi alkohol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)