Begini Cara Sahur yang Baik Agar Kuat Puasa Sepanjang Hari

Senin, 11 Maret 2024 - 15:50 WIB
loading...
Begini Cara Sahur yang Baik Agar Kuat Puasa Sepanjang Hari
Ada beberapa cara sahur yang baik agar kuat menjalani puasa sepanjang hari. Sahur sendiri merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum terbit fajar. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara sahur yang baik agar kuat menjalani puasa sepanjang hari. Sahur sendiri merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum terbit fajar pada bulan Ramadan sebelum memulai puasa.

Sahur bagian penting selama puasa karena menyediakan energi dan nutrisi yang diperlukan untuk menjalani puasa sepanjang hari. Sahur sebaiknya mengandung makanan yang bernilai gizi tinggi dan memberikan energi yang tahan lama.

Ini termasuk makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi, atau sereal, serta protein seperti telur, daging tanpa lemak, atau tahu. Buah-buahan segar dan sayuran juga penting untuk menyediakan serat dan vitamin yang diperlukan.

Begini Cara Sahur yang Baik Agar Kuat Puasa Sepanjang Hari



Melakukan sahur dengan memilih makanan yang sehat dan bernutrisi serta minum air yang cukup akan membantu menjalani puasa dengan lebih nyaman dan mempertahankan energi selama sepanjang hari. Berikut cara sahur yang baik agar kuat puasa sepanjang hari menurut perawat sekaligus healthy educator, Rizal Do dikutip dari akun X pribadinya, @afrkml, Senin (11/3/2024).



1. Makanan Berkuah


Rizal menuturkan saat sahur usahakan untuk mengonsumsi makanan berkuah. Sebab, cairan yang terkandung dalam kuah makanan dapat lebih mudah terserap oleh sel tubuh.

2. Tinggi Serat


Konsumsi makanan tinggi serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makanan jenis ini banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Untuk itu, Rizal menyarankan mengonsumsi makanan tingi serat saat sahur.

“Sayuran dan buah akan bikin kamu kenyang lebih lama. Usahakan ada minimal dua variasi sayuran,” kata Rizal.

3. Padat Kalori


Tidak hanya serat, pemilihan karbohidrat kompleks juga bisa memberikan energi lama pada tubuh jika dibandingkan karbohidrat sederhana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)