alexametrics

6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar

loading...
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
Bagi mereka yang suka lapar atau diet, ada beberapa cara efektif untuk mengendalikan rasa lapar. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang sering merasa lapar? Ada berbagai alasan di balik itu, mulai stres, tidak minum air dengan benar hingga kurang tidur atau masalah kesehatan lainnya.

Ada 6 tips sederhana, namun efektif untuk mengontrol kelaparan . Pada dasarnya kelaparan dikendalikan oleh 3 hormon - insulin , ghrelin dan leptin. Hormon-hormon ini memainkan peran yang berbeda. Peran utama yang dimainkan oleh insulin dalam tubuh adalah mengontrol kadar glukosa dalam darah. Ketika Anda tidak makan makanan selama lebih dari 3 hingga 4 jam, tingkat insulin menurun karena tidak ada glukosa untuk dibawa ke sel-sel tubuh kita.



Ketika ini terjadi, hormon yang disebut ghrelin akan disekresikan di dalam tubuh untuk memicu rasa lapar. Segera setelah kita mengonsumsi makanan, kadar gula dalam tubuh kita memicu hormon leptin yang menahan rasa lapar.

Hormon leptin berperan dalam menghentikan rasa lapar dan mengendalikan massa tubuh, tetapi jika Anda makan berlebihan, itu mengarah ke resistensi leptin dan Anda terus makan berlebihan. Ada 2 macam rasa lapar - fisik dan mental.  Ketika Anda merasa lapar karena kurangnya gula darah itu disebut rasa lapar fisik, tetapi ketika Anda masih merasa lapar meski makan dengan baik karena faktor emosional, itu disebut mental kelaparan.

Yang terakhir membuat Anda makan berlebihan dan memicu masalah seperti obesitas dan penyakit yang terkait dengannya. Anda harus ketat dan disiplin untuk memastikan Anda tidak makan berlebihan karena hal itu hanya akan membuat Anda bertambah gemuk dan menderita berbagai penyakit seperti diabetes, kegemukan, membuat diri Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung, dan lainnya.

Sementara, seperti dilansir Boldsky, ada beberapa tips agar rasa lapar tetap terkendali, Anda perlu mengikuti hal-hal ini dan yang menarik cara ini dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

1. Buat rencana dan tetap fokus
Ketika Anda berusaha untuk mencapai tujuan kebugaran, Anda tidak memiliki pilihan selain fokus dan disiplin terhadapnya. Anda perlu memutuskan tentang berat yang Anda harapkan dan perlu menetapkan tenggat waktu. Ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan tulus terhadap impian.
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
2. Minum teh hijau atau kopi hitam
Sangat penting untuk kenyang dengan makanan dan minuman sehat untuk menghindari makan berlebihan atau merasa lapar. Secangkir teh hijau atau kopi hitam membantu dalam menahan rasa lapar, jika Anda mau, Anda dapat memilih kopi tanpa kafein untuk membuatnya lebih sehat.
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
3. Konsumsi lebih banyak protein
Protein sangat bagus untuk membuat Anda kenyang, maka Anda harus memasukkannya ke dalam diet. Melakukan hal itu juga akan membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Protein membutuhkan waktu untuk dicerna, itu membantu dalam membangun otot-otot tanpa lemak dan juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Kacang-kacangan, kacang-kacangan, tahu, dada ayam, dan kacang-kacangan adalah beberapa makanan kaya protein yang dapat Anda masukkan ke dalam diet.
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
4. Sarapan adalah suatu keharusan
Pastikan Anda memiliki makanan paling penting di hari itu - sarapan - karena itu akan membuat Anda kenyang dan berenergi sambil menjaga rasa lapar. Secara otomatis hal ini akan mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak.
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
5. Makanan berserat
Makan serat atau serat makanan memperlambat proses pencernaan di tubuh. Ini membantu dalam meningkatkan pencernaan sekaligus mencegah penyerapan lemak di tubuh dan membuat kita kenyang. Ini juga membantu meningkatkan pencernaan dan baik untuk bakteri usus. Sertakan biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran bersama kulitnya dan rasakan lebih kenyang sambil menyehatkan kesehatan.
6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar

6. Banyak minum

Anda harus minum air dalam jumlah banyak, terutama di antara makanan jika mulai merasa lapar lagi. Melakukannya secara otomatis akan membuat Anda merasa kenyang dan itu bahkan tidak akan membuat Anda mendapatkan kalori. Juga minum air sangat penting bagi Anda karena membuat Anda terhidrasi. Ini membantu dalam pencernaan, meningkatkan gerakan usus Anda, mengurangi sembelit dan juga baik untuk kulit Anda.

6 Cara Efektif Mengendalikan Rasa Lapar
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak