Cerita Aurelie Moeremans Alami Insomnia, Begini 5 Cara Mengatasinya

Jum'at, 15 Maret 2024 - 22:07 WIB
loading...
Cerita Aurelie Moeremans Alami Insomnia, Begini 5 Cara Mengatasinya
Aurelie Moeremans berbagi pengalamannya susah tidur alias insomnia di Hari Tidur Sedunia. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Aurelie Moeremans berbagi pengalamannya susah tidur alias insomnia di Hari Tidur Sedunia yang jatuh pada hari ini, 15 Maret 2024.

Melalui postingan di Instagram, Aurelie mengaku sudah empat hari sulit tidur. Akibat gangguan tidur tersebut, dia hanya bisa tidur satu jam setiap harinya.



“Selamat Hari Tidur Sedunia. Udah 4 hari nih nggak bisa tidur. Bukan karena berisik. Emang lagi susah tidur aja. Tidur sih, tapi paling kaya satu jam,” tulis Aurelie, dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @aurelie, Jumat, (15/3/2024).

“Terus habis itu bangun, melek, terus abis itu seger sampai pagi, pagi baru bisa tidur lagi satu jam. Yah gitu aja terus selama 4 hari,” tulis dia lagi.

Khawatir dengan kondisi yang dialaminya, Aurelie Moeremans kemudian bertanya kepada followersnya tips agar bisa tidur normal. Apalagi, sebelumnya dia justru terkenal ‘pelor’ alias gampang tidur.

“Kalian punya tips nggak buat aku? Biasanya aku pelor. Tapi sekarang aku kayak lupa gitu caranya tidur,” tulis Aurelie Moeremans .

Dilansir laman Siloam Hospital, sulit tidur bisa menjadi salah satu gangguan yang memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar cepat tidur yang tepat agar kondisi tubuh tetap terjaga dan terhindar dari insomnia.

Tips Mengatasi Insomnia

1. Mandi air hangat

Salah satu cara cepat tertidur adalah dengan mandi air hangat. Air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks.

2. Suasana tidur yang nyaman

Untuk mendatangkan rasa kantuk, cobalah ciptakan suasana kamar yang sunyi, gelap, dan sejuk. Untuk memblokir suara dari luar, gunakanlah earplug dan matikan smartphone sebagai cara agar tertidur cepat dan tercipta suasana sunyi.

3. Relaksasi otot progresif

Relaksasi otot progresif dilakukan dengan menerapkan teknik pernapasan yang dikombinasikan dengan kontraksi dan pelemasan otot. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan stres di dalam tubuh yang memicu seseorang sulit tertidur.

4. Lakukan teknik pernapasan

Di samping relaksasi tubuh, cara agar cepat tidur selanjutnya adalah melakukan teknik pernapasan dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk membantu diri lebih cepat terlelap:
Tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 4 detik. Tahan napas selama 7 detik.
Keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut selama 8 detik. Ulangi langkah-langkah tersebut sebanyak kurang lebih 4 kali.


5. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin bisa membuat tidur lebih pulas. Tak harus dengan olahraga berat, mulailah dengan olahraga ringan yang bisa disesuaikan dengan jadwal kegiatan sehari-hari. Lalu, tingkatkan intensitas olahraga ketika sudah terbiasa.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)