5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari saat Puasa

Jum'at, 15 Maret 2024 - 10:34 WIB
loading...
5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari saat Puasa
Mengatasi rasa ngantuk di siang hari saat puasa bisa menjadi tantangan. Terutama saat tubuh mengalami perubahan pola makan dan aktivitas selama bulan Ramadan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Mengatasi rasa ngantuk di siang hari saat puasa bisa menjadi tantangan. Terutama saat tubuh mengalami perubahan pola makan dan aktivitas selama bulan Ramadan sehingga mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Caleb Leonardo Halim, Sp.K.O membagikan cara efektif mengatasi ngantuk saat puasa . Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari sebelumnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko ngantuk selama berpuasa. Usahakan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal agar Anda merasa lebih segar saat sahur.

"Bagi teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, salah satu permasalahan yang dialami adalah mengantuk. Ada beberapa tips yang teman-teman bisa lakukan," kata dr. Caleb dikutip dari akun Instagram pribadinya, @doc.calebspko, Jumat (15/3/2024).



"Yang pertama adalah tidur yang cukup. 7-9 jam pada malam hari. Tidak ada yang bisa menggantikan tidur yang cukup. Tidur yang cukup ini penting banget," sambungnya.

Selanjutnya, pastikan tidak melewatkan sahur agar tidak lemas dan mengantuk. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama sahur dan berbuka puasa.

Hindari makanan berlemak tinggi dan berat yang dapat membuat Anda merasa lebih ngantuk setelahnya. "Yang kedua adalah ketika sahur pada pagi hari pastikan makan yang cukup. Nah, karbohidrat kompleks ini sangat penting," jelasnya.

"Seperti misalnya jagung, kentang, oat. Jangan cuma yang karbohidrat simpel aja dan pastikan ada cukup protein," lanjutnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)