5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja

Rabu, 20 Maret 2024 - 22:05 WIB
loading...
5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja
Ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu memperpanjang umur. Dengan mengikuti tips ini, dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur Anda. Foto/Residential Care in Wolverhampton for the Elderly
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengikuti tips sederhana ini dan memelihara gaya hidup sehat secara keseluruhan, dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur Anda.

Meskipun banyak orang sering berasumsi bahwa harus melakukan perubahan gaya hidup besar-besaran untuk panjang umur, David Wiener, Spesialis Pelatihan di aplikasi pelatihan kebugaran dan gaya hidup berbasis AI, Freeletics, memberikan lima penyesuaian gaya hidup sederhana yang efektif.

Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja



Berikut tips sederhana panjang umur dilansir dari Express, Rabu (20/3/2024).



1. Jaga Otak Tetap Aktif


Wiener menjelaskan bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga kemampuan kognitif tetap tajam dan meningkatkan harapan hidup adalah dengan menjaga otak tetap aktif.

“Dengan menantang otak Anda dengan latihan mental, diyakini Anda dapat menjaga sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi di antara mereka untuk membantu mereka bekerja lebih efektif,” kata Wiener.

Meskipun pekerjaan kebanyakan orang membuat mereka tetap aktif dan waspada secara mental, mempelajari hobi atau keterampilan baru, menjadi sukarelawan atau menjadi mentor adalah cara tambahan untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam. Lebih khusus lagi, mempelajari bahasa juga terbukti sangat bermanfaat.

2. Pergi ke Luar


Mulai dari berjalan-jalan hingga berkebun, menghabiskan waktu di luar ruangan dapat meningkatkan kadar vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, serta risiko penyakit jantung dan diabetes.

“Menghabiskan waktu di luar ruangan tidak hanya akan meningkatkan kadar vitamin D, tetapi juga dapat memberikan efek positif pada tidur Anda. Hal ini karena sinar matahari juga mengatur hormon lain dalam tubuh yang disebut melatonin yang mengontrol siklus tidur,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)